Monday, February 27, 2017

Karena Hijabku adalah Cintaku KepadaNYA



Ahad, 19 Februari 2017 hujan rintik-rintik di sekitar Bebop Food Studio. Dingin. Hening.

Jam di pergelangan tanganku menunjukkan pukul 11.30 WIB. Kulihat dari halaman tempat semacam caffe ini nampak sepi.

"Alhamdulillah, sampai sebelum waktunya. Bisa dapat banyak foto nih" ucapku dalam hati.

Kucium tangan suamiku yang sudi mengantarku jauh-jauh dan berpagi-pagi dari rumah dalam cuaca berhujan begini. Terima kasih ya Bee.

Sunday, February 26, 2017

Buah Cinta dan Benci

Credit : Rumi Fan Page 


Adalah cinta dan benci di fana dunia ini. Sesama benih yang lahir dari rahim bathin yang bersenjangan.

Cinta lahir dari mata air rasa yang lembut dan bening. Merasa disayangi, merasa diinginkan, merasa dijaga, merasa dilindungi, merasa dihormati.
Sedang benci lahir dari sumur rasa yang kasar dan kotor Merasa diabaikan, merasa ditolak, merasa dilukai, merasa disakiti.

Kala keduanya mulai tumbuh, cinta menerbitkan rasa kagum dan rasa hormat. 
Sedang benci menimbulkan rasa jijik dan merendahkan. 

Cinta berkembang dan semakin rindang karena disirami selalu dengan prasangka baik.
Tetapi benci merasuk semakin dalam karena ia selalu dipupuk dengan prasangka buruk.

Perjalanan keduanya tak lepas dari acuan.
Cinta neracanya ikhlas dan ketulusan.
Benci timbangannya pamrih dan perhitungan untung rugi. 

Kelak saat pohon-pohon di dada manusia itu berbuah, kamu dapat melihatnya dengan mudah.

Cinta berbuah senyuman, kesyukuran, semangat kerja, fokus, berpikiran positif, persahabatan, pertolongan, pembangunan dan segenap yang memuliakan kehidupan.

Tapi benci berbuah sinisme, iri dengki, amarah, permusuhan, penghancuran dan segenap yang mendekat pada menghancurkan kebaikan dan kehidupan.

Lisan pecinta dan pembencipun amat berbeda pada pernik yang bisa jadi serupa. Kosakata mereka jaraknya sungguh bagai kutub selatan ke kutub utara.

Di benak dan lisan pecinta hanya ada sayang, kekasih, respek, salut, semangat, keren, hebat, baik, bagus, tuan, pangeran, putri, permaisuri, raja, ratu, memberi, menanam, peduli.

Di benak dan lisan pembenci hanya ada sebal, jijik, musuh, hina, nista, putus asa, jelek, buruk, tiran, diktator, rezim, kejam, musnahkan, hancurkan, lupakan.

Maka jangan tanyakan padaku tentang pecinta, mengapa selalu nampak indah segenap sesuatu di matanya. Apalah daya, memang demikianlah kebahagiaan.

Dan jangan pula bertanya padaku tentang pembenci, mengapa selalu nampak buruk apapun dalam pandangannya. Apalah daya, memang demikianlah kesengsaraan.

Cukuplah atas hati ingatan ini :
                                                  .
“Hanya ada satu jenis kotoran yang sulit disucikan dengan air bening. Ialah kebencian dan fanatisme buta yang telah melekat dalam ruh. Satu-satunya yang dapat membersihkan hati hanyalah cinta”. (Syams Tabrizi)

يوجد نوع واحد من القذارة لا يمكن تطهيرها بالماء النقي وهو لوث الكراهية والتعصب التى تلوث الروح
الحب وحده هو الذى يطهر قلوبنا



Friday, February 17, 2017

Tanda -Tanda si Dia yang Sungguh Cinta



Saat dua sejoli sedang saling jatuh cinta, segalanya nampak indah saja. Terutama pada masa permulaan hubungan, kedua insan cenderung hanya akan menampilkan kebaikan. Pada saat seperti ini seringkali segala kekurangan pasangan tersamarkan, bahkan kalaupun akhirnya tahu, ia kan dianggap angin lalu. Katanya, cinta itu buta. Yang lain berpendapat sama, katanya cinta tak ada logika.

Bicara cinta memang identik dengan membahas rasa. Apa daya kita jika hati sudah dibidik dan ditembus anak panahnya ? Bahkan jika ia penyakitpun tak ada orang yang ingin mengobatinya. Itulah hebatnya cinta.

Tapi, sedalam-dalamnya kasih sayang, setinggi-tingginya harapan kepada pasangan, kita tak lantas jadi lumpuh hati dan akal sehat kan ?. Kesadaran tersembunyi kita acap mempertanyakan atau bahkan memberi warning jika menangkap sesuatu yang kurang pas dalam sebuah hubungan.

Nah terutama bagi wanita yang masih meragukan cinta pasangannya, ada hal-hal yang bisa kita lihat dan rasakan untuk membantu meneguhkan keyakinan kita tentang seserius dan sekuat apakah cintanya. Di bawah ini tanda-tandanya.

1. Dia komit dan setia kepadamu. Hubungan yang baik dan langgeng memang mensyaratkan komitmen sepenuhnya. Sudah menjadi fitrah hati orang yang mencinta, ingin orang yang dicintai hanya untuknya seorang. 

Pria yang benar-benar mencintaimu tak akan bermain-main dengan waktu. Seluruh waktumu berharga untuknya , demikianpun waktu yang dia punya sangat berharga untuk dihabiskan bersamamu. Maka dengan orang yang komit seperti ini kamu tak akan banyak merasakan kegalauan, karena semakin lama cintanya terasa pasti. Seiring bertambahnya waktu kamu merasakan bertambah pula keyakinanmu kepadanya.

Tak hanya itu, pria yang sungguh mencintaimu juga siap untuk setia hanya kepadamu. Apalah artinya cinta jika tanpa kesetiaan ? Jika ada istilah cinta mati, layaknya itu berarti setia sampai mati.

Tentu saja kesetiaan tak datang begitu saja, tapi haruslah dipupuk setiap waktu dan rajin mencabuti masalah-masalahnya. 

Bisa jadi tak mudah menghadapi godaan tapi sadar bahwa hidup kita dan orang yang kita cintai terlalu singkat dan terlalu berharga untuk diganggu dan dikacaukan orang lain. 

Apa yang sudah kita berdua semai pada suatu saat nanti akan perlu kita tuai bersama, dan saat seperti itu akan jadi momen yang sangat berarti. 

Apalagi sesuatu akan semakin bernilai seiring waktu berjalan dengan orang yang kita ajak sejak awal memulai membuatnya. Betapa ruginya jika moment indah tak ternilai seperti itu harus hilang hanya karena nafsu sesaat di masa lalu. 

2. Dia bersemangat menyelesaikan masalah dalam hubungannya denganmu. Saat muncul masalah, mungkin persoalan restu orang tua, mungkin masalah ekonomi atau hal-hal lainnya, pria yang sungguh mencintaimu tak akan membiarkan masalah itu semakin membesar dan merintangi upayanya untuk mendapatkanmu. 

Jika dia menemukan situasi yang kurang baik dia akan segera mengurusnya tanpa kau minta. Inilah sikap laki-laki sejati. 

Jangan sia-siakan waktumu kepada seseorang yang tidak mau berusaha apalagi berkorban untuk mengatasi problem dalam hubungan kalian. Pernikahan tidak akan bisa bertahan tanpa upaya yang keras dan sungguh-sungguh.

3. Dia Selalu Ada di Masa Sulitmu. Tanda ini sebenarnya bersifat universal dalam hubungan spesial manapun apalagi seistimewa pernikahan.

Kekasih yang baik tak hanya sudi menemani di saat nan membahagiakan saja, di saat kecantikanmu menggetarkan hatinya semata. Tarikan kebersamaan justru akan semakin kuat manakala pasangan sedang berada dalam kesulitan.

Karena seorang pecinta telah merasa satu jiwa dengan yang dicintainya maka kesusahan pasangan adalah sama dengan kesusahannya dan derita pasangan adalah deritanya juga.

Tak ada yang paling membuat seseorang menderita melainkan manakala melihat orang yang dicintainya terluka.

4. Dia peduli pada apa yang kamu sukai. Orang yang sungguh mencintaimu tahu apa yang kamu sukai dan peduli akan hal itu. Mungkin saja dia tak tahu semua detil hidupmu, tapi dia "mencatat"nya. Dia mencatat hal-hal kecil yang berarti bagimu di dalam ingatannya dan suatu waktu akan diberikannya kepadamu dengan caranya. 

Bisa jadi dia membuatkan meja kerja sederhana buatan tangannya sendiri untukmu, atau mungkin membelikanmu perangkat dapur yang kamu butuhkan, atau menghadiahkan accessories rumah dengan warna kesayanganmu. 

5. Dia tak hanya sekedar cerdas, tapi juga bijaksana. Memang membanggakan memiliki suami yang cerdas, tapi dalam hubungan dua insan apalagi pernikahan jauh lebih dibutuhkan pribadi yang mampu berpikir secara holistik, mengerti kedalaman masalahnya dan kerumitan aspeknya sehingga bisa segera menemukan solusinya.

Tak perlu suami yang lulusan sarjana dengan nilai cum laude hanya untuk sekedar membantumu mengganti bola lampu kan ? Tak perlu ilmu fisika quantum pada saat hujan deras. Yang kamu sukai sederhana saja, melihat suamimu yang dihormati orang di kantornya dengan rela hati mau memperbaiki atap rumah yang bocor kan ? 

6. Dia memahamimu. Memahami di sini bermakna dia mengenalmu dengan sangat baik akan hal-hal yang kamu mau, atau tak kamu sukai. Pria yang baik dan mencintaimu akan memberikan ruang pengertian dan toleransi yang luas demi kebahagiaanmu.

Dia yang memahamimu akan selalu tahu bagaimana cara menghadapi dan bersikap kepadamu atau pada apapun yang berkaitan denganmu.

Dengan pria yang mau memahamimu kamu tak perlu kebingungan menjelaskan maksud dan harapanmu, tak perlu capek hati meluruskan kesalahpahaman yang kemungkinan besar bisa terjadi pada laki-laki yang kurang empati kepadamu.

Pria yang mau memahami kekasihnya biasanya adalah type pria yang sabar.

7. Dia mendukung cita-citamu. Meski hati telah saling terikat, tak berarti sepasang kekasih berhenti bermimpi. Begitupun kamu, jalinan asmara dan pernikahan tak bermakna kamu tak punya lagi cita-cita kan ?

Nikahi pria yang bersedia menemanimu meraih mimpimu. Karena bagi seorang pecinta, mimpi kekasihnya adalah mimpinya juga, kebahagiaan kekasih adalah kebahagiaannya juga. Dia selalu ingin menjadi bagian dari masa depanmu. 

Jika seseorang lebih banyak merintangi perjuanganmu, bisa jadi dia tak cocok untuk dijadikan teman hidupmu karena hanya akan menimbulkan kebingungan dan tekanan batin sepanjang waktu.

Betapa tak nyamannya manakala upaya keras kita tak mendapat dukungan orang yang justru paling kita harapkan pertolongannya. Dalam jangka panjang, ketaknyamanan ini akan menjadi konflik. Jadi, pertimbangkan lagi dia yang tak tertarik dengan asa dan cita-citamu. 

8. Dia mendidikmu. Pria yang mencintaimu bukan pria yang hanya bisa memanjakanmu hingga kamu tak sanggup kecuali hanya dengan menggantungkan diri kepadanya. 

Pria yang sanggup mendidikmu berarti dia adalah pria yang berpikiran dewasa, pria yang pantas menjadi imam keluarga. Dia ingin kamu berkembang dan bertumbuh dengan kekuatanmu sendiri. Dia ingin jika dia tak bisa berada di sisimu, kamu bisa bertahan dan tak menderita.

Maka ia akan berusaha menularkan hal-hal positif yang akan menguatkanmu. Jangan terkecoh dengan pria yang seolah menyayangimu dengan terus memanjakanmu padahal sejatinya itu bisa melemahkanmu.

Meski demikian, pria yang baik akan membimbingmu dengan cara yang baik. Jadi tak usah khawatir, kalau benar dia mengasihimu dia akan menemukan cara yang tepat untuk membuat semuanya berjalan dengan benar. 

9. Dia peduli kepadamu. Tak sedikit orang yang mengaku cinta tapi acap mengabaikan perasaan pasangannya. Orang yang sungguh mencinta biasanya akan peka terhadap perasaan pasangannya. Maka orang yang seperti ini tak akan membiarkan pasangannya tanpa kabar, atau membiarkan pasangannya kerepotan dan kelelahan sendiri atau tak mengacuhkan keperluan istrinya.

10. Dia menghormatimu. Mencintai seseorang bukan berarti memeluknya erat hingga ia tersesak atau menganggapnya serupa benda mati yang bisa diperlakukan sekehendak hati. Bagaimanapun pasanganmu adalah seorang pribadi yang utuh dengan segala keunikan background, fisik dan hasrat jiwanya sendiri. 

Jika dia mencintaimu maka dia akan menghargaimu sebagai seorang pribadi yang  pantas untuk dihormati. Menyadari bahwa kamu adalah ibu dari anak-anaknya yang ia ingin anak-anak kalian menghormatimu juga maka dia sendiri mengawalinya dan membiasakan rasa hormat tumbuh di dalam hubungan cinta kalian. 

Jika di dalam diri pasanganmu kamu temukan tanda-tanda di atas itu maka berbahagialah, dia orang yang tepat buatmu dan pantas untuk dipertahankan.

Percayalah bahwa Tuhan memberkahimu, dan bersyukurlah dengan terus belajar dan berusaha untuk menjadi pribadi yang baik dan indah juga untuk pasanganmu yang luar biasa ini. 

Selamat menebar cinta





Monday, February 6, 2017

Bermain di Taman Kaulinan Bogor

Sudah cukup lama lapangan Sempur yang biasanya menjadi tempat warga Bogor berkumpul untuk berolah raga setiap pagi atau sekedar duduk-duduk di bangku-bangkunya untuk menikmati suasana senja nampak terisolasi oleh pagar-pagar  tinggi tanda sedang dibenahi.

Tapi, pada hari Minggu tanggal 5 Februari 2017 kemarin lapangan yang terhampar seperti lembah di jalan Sempur yang letaknya berdekatan dengan Istana dan Kebun Raya Bogor itu telah dibuka kembali dan bersalin rupa menjadi lapangan yang lebih teduh dan indah.

Saturday, February 4, 2017

Data Rollover Selamatkan Sisa Kuota Internet

Hari Kamis tanggal 2 Februari 2017 yang lalu, sebuah perusahaan telekomunikasi internasional yang melayani kebutuhan selular masyarakat; IM3 Ooredoo meluncurkan sebuah inovasi baru yang ditujukan kepada seluruh pelanggan paket internet bulanan.

Monday, January 30, 2017

Yang Mengurangi Keakraban Saat Bertemu Sahabat Lama



Suatu hari, saya membuka salah satu grup WA alumni sekolah dan seperti biasanya, isinya gak jauh dari saling menyapa dan saling bercanda. 

Tapi ada satu panel komentar dari salah seorang teman yang buat saya cukup surprised. Isinya seorang teman saya yang keberatan selalu dipanggil bu Haji oleh salah seorang temannya di grup itu, dan lebih senang dipanggil cukup dengan namanya saja.

Saturday, January 28, 2017

Memastikan Maksud Postingan

"Ini bukan sombong ya, biarpun keliatan cuek tapi suamiku itu royal banget. Kemarin aja udah ngajak jalan-jalan lagi ke Paris padahal belum sebulan baru pulang umroh". 

??? ...

"Cuma seminggu aja pake ini (nyebut nama brand) kulitku beneran ngerasa jadi lebih halus, jerawat hilang dan glowing gitu. Ini bukan iklan". 

Krik krik krik ...


"Sstt tau nggak si ibu yang rumahnya di sebelah sana ?, dia itu kan *@^#^#^$^#%@$○«✩¦÷«※»◎². Tapi jangan bilang siapa-siapa ya, ini rahasia". 

Tik tok tik tok ...

Friday, January 27, 2017

Tips Agar Kegiatan Mengecat Tak Berantakan

Hai sahabat Goresanku, pernah coba mengecat dinding rumah atau pernik dan accessories rumah sendiri ? Saya sering dan selain senang dengan hasilnya yaitu penampilan dinding atau pernik rumah yang baru tapi kadang suka bete juga dengan akibatnya, apakah itu ? Yup, percikan cat yang berceceran di lantai atau barang lain yang nggak bersalah ingin kita cat.

Nah ada sedikit tips nih biar kegiatan mengecat kita nggak jadi bikin bete sesudahnya :

Wednesday, January 25, 2017

Doodling di Stasiun Bogor



Bermula dari sebuah undangan dari Kriya Indonesia penyelenggara Workshop Doodle Kereta bersama doodler Indonesia mb Tanti Amelia   . Woww doodle lagi, selalu suka dengan events yang berhubungan dengan aktivitas menggambar. Biarpun undangan ini gak jauh-jauh dari kegiatan ngeblog, tapi kata-kata doodle bikin saya merasa rileks.

Tuesday, December 20, 2016

Dibalik Secarik Daluang



Selalu merasakan suasana berbeda setiap kali mengunjungi gedung museum. Begitu juga kali itu, saat melintasi gerbang Museum Textil Jakarta pada pagi hari di 2 Desember 2016 yang lalu bersama seorang teman blogger untuk menghadiri workshop doodle pada Daluang.

Dari jauh saya melihat beberapa orang sudah berkumpul di teras museum berarsitektur kuno itu. Salah seorang teman blogger yang sangat ramah menyambutku menghangatkan hatiku. Segera pandangan saya menyapu sekeliling, fasad museum yang didominasi cat berwarna putih pada dindingnya dan warna hijau pada kayu pintu-pintu dan jendelanya seolah mempersilakan saya untuk terbawa pada masa yang telah lalu.

Friday, November 25, 2016

Berbagi Kasih Bersama Anak Yatim dan Bursa Sajadah




Siang di Jum’at tanggal 18 November 2016 yang lalu cukup syahdu, sedikit gerimis mengiringi perjalanan saya ke Toko Bursa Sajadah di Jl. Pajajaran Bogor. Saya bersama teman bloggers dari Bogor dan Depok sepakat menghadiri peringatan milad H. Syahir Karim Vasandani owner SKV Group. Alhamdulillah, tiba di lokasi sesuai waktu, disapa langsung oleh Perwakilan Kantor  Cabang Bursa Sajadah dengan sopan dan hangat. 

Wednesday, November 23, 2016

Merayakan Cinta





Winny namaku … 

Tentu saja nama pemberian orang tuaku. Tak pernah seharipun tak berbahagia dengan nama itu. Bagaimana tidak senang, jika Mamaku dulu bilang nama itu diberikan karena ia merasa nama itu begitu cantik baginya dan lalu disematkannya untukku. 

Tapi, lalu aku merasa tak pantas menyandang nama itu. Ada banyak hal yang pernah singgah dalam hidup masa kecilku yang membuatku merasa semakin “kecil” saja bahkan tak ada. 

Saturday, November 12, 2016

Chocomory Goes to Town

"Awalnya bisnis iseng, karena terinspirasi pengalaman waktu kuliah di Autralia dulu. Jadi di sana ada toko coklat yang sangat terkenal, saya lihat hampir 90 % turis visit ke toko coklat itu. Saya jadi mikir, padahal indonesia produsen coklat (cacao) terbesar ketiga di dunia tapi kenapa di indonesia gak ada toko coklat seperti itu. 

Karena kebetulan sudah punya resto di daerah puncak, saya coba mendirikan toko coklat seperti yang ada di Australia di sana. Perlahan-lahan demand semakin kencang, jadi bisnis harus lebih diseriusin. Ini penting karena indonesia punya natural resources yang besar dalam hal coklat". 

Wednesday, October 26, 2016

Antena TV dan Sejarah Perkembangannya

Televisi dan radio adalah barang elektronik yang sangat sering kita jumpai. Dalam satu rumah, minimal terdapat satu buah televisi di dalamnya. Dua benda tersebut adalah sarana penyalur informasi yang paling sering digunakan selain internet tentunya. 

Namun televisi dan radio tidak dapat bekerja sendirian. Untuk dapat berfungsi dengan baik, kedua alat elektronik ini memerlukan antena. Antena sendiri dapat berfungsi sebagai alat penyeimbang antara sistem pemancar dengan udara, juga antara ke sistem penerima. Antena TV dan antena radio di sini melakukan fungsi yang kedua yaitu penyeimbang antara udara dengan sistem penerima baik radio ataupun televisi.

Saturday, October 8, 2016

RCBO Perangkat Pelindung Bahaya Listrik Praktis dan Modern





Pernah mengalami mati listrik tiba-tiba di rumah akibat korsleting listrik di rumah ? saya pernah. Dulu sering malah. Saat saya masih remaja pernah diajari Papa untuk mengatasi korsleting listrik di rumah masa kecil saya dengan cara mengganti dan memasang kawat baja tipis di sebuah benda bulat yang bernama sikring (setidaknya itu istilah yang saya tahu). Hanya dengan cara sesederhana itu saja masalah putus aliran listrik di rumah kami dulu bisa teratasi.


Sekarang, perangkat instalasi listrik sudah lebih modern. Jika terjadi hubungan arus pendek atau korslet kita hanya tinggal menggerakkan switch MCB yang berfungsi seperti sikring di rumah tempo dulu, dan seketika arus listrik di rumahpun mengalir lagi.