Wednesday, August 30, 2017

Resep Papeda Kari Tuna Ala Papua




Tiga hari yang lalu Rahma cerita, teman sekelasnya yang baru (namanya Erika) pindahan dari Papua berbagi bekal makan siangnya di sekolah saat waktu makan siang.

"Enak loh Mi makanannya, namanya Papeda pake sayur ikan, bikinin dong Miii". Sayur ikan maksudnya masakan ikan yang berkuah.


Ya, namanya juga request dari anak apalagi menunya menantang begini bikin saya ikut penasaran, akhirnya sambil googling resep saya juga sibuk texting mamanya Erika via whatsapp nanya resep Papeda yang dimaksud. Nanya sama chefnya langsung yang sudah bikin Rahma ketagihan masakannya mantap kan 😁😃

Singkatnya, besoknya saya belanja bahan-bahan menu Papeda ala Papua dan mengeksekusinya.

Mau tahu cara bikinnya ? Simak yuk


Bahan-bahan membuat Papeda



  • 150 gr tepung sagu 
  • 1000 cc Air
  • Garam dapur secukupnya

Cara Membuat Papeda Ala Papua



  • Larutkan tepung sagu dalam 250 ml air
  • Tambahkan garam.
  • Rebus sisa air yang dipakai untuk melarutkan sagu hingga mendidih
  • Tuang air yang mendidih ke dalam campuran larutan sagu, aduk rata secara perlahan sampai sagu matang.
  • Jika campuran sagu di atas sudah menjadi bening berarti campuran bahan tersebut sudah menjadi papeda, namun jika belum menjadi bening anda dapat memasaknya kembali dengan api kecil dengan tetap diaduk rata hingga bening.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Hidangan papeda ala Papua ini biasa disajikan bersama dengan sajian pelengkap ikan kuah kuning. Berikut cara membuatnya

Bahan-bahan Ikan Tuna Kuah Kuning



  • 500 gr Ikan tuna (bersihkan, rendam dengan jeruk nipis dan garam)
  • Perasan jeruk nipis
  • Daun kemangi secukupnya
  • Cabe rawit merah / cabe jablai secukupnya
  • 4 sdm minyak goreng 
  • 1 batang Serai (memarkan)
  • 4 lbr Daun salam
  • Air matang, 600 ml


Bumbu Halus Ikan Kuah Kuning


  • 5 siung Bawang putih
  • 10 siung Bawang merah
  • 7 buah Kemiri
  • Jahe
  • Kunyit
  • Gula pasir
  • Garam dapur

Cara Membuat Ikan Tuna Kuah Kuning



  • Haluskan bumbu dengan ulekan lebih bagus karena aroma rempah akan lebih kuat tapi jika anda mau menggunakan blender juga nggak masalah, 
  • Tumis bumbu bersama dengan serai dan daun salam sampai tercium aroma harum hingga matang.
  • Siram tumisan dengan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih. 
  • Masukkan ikan, cabe rawit, gula serta garam. Masak sampai ikan matang.
  • Tambahkan daun kemangi serta air perasan jeruk sesaat sebelum masakan diangkat
  • Aduk sejenak dan angkat.
  • Ikan kuah kuning siap disajikan bersama papeda.

Rempah-rempah dan cabe rawit

Bumbu halus

Tumisan bumbu plus rempah, daun kemangi dan ikan tuna didihkan sampai bumbu kuning meresap

Papeda dari campuran sagu, garam dan air 



Papeda Tuna Kari siap dinikmati

Setelah dicoba ternyata Rahma dan sekeluarga sangat suka menu ini. Bisa dibilang nagih malah hehehe. 

Gimana gampang kan buatnya ? Silakan dicoba ya 



6 comments:

  1. Jadi pengen numpang nyicip di rumah mba WInny langsung nih. Mba, aku Februari lalu ke Ambon dan incip langsung. Padahal udah ampir 20 tahun nggak nyicip papeda :)
    Mau nyoba aah. Makasih mbaa

    ReplyDelete
  2. Ini pasti enak seger asem pedas...ahh mbakk aku mau coba

    ReplyDelete
  3. Ngiler liatnya, pengen aku cobain ah di rumah. Tapi bikin papedanya susah nggak sih itu mbak? Kayaknya kalau di aku rawan gagal deh nih.

    ReplyDelete
  4. Ini yg aku drdulu penasaran. Tp mau bikin sendiri kok ya ragu :p. Browsing tempat di jakarta yg menjual makanan khas papua, blm nemu2 nih mba. Mksdnya aku jg pgn tau rasa sbnrnya dulu, sblm bljr masaknya. Jd bisa bandingin apa rasanya sudah mendekati ato blm :p. Papaku dulu kerja di papua, dan pernah cerita kalo papeda dgn lauk ikan ini enak :)

    ReplyDelete
  5. penasaran banget sama rasanya. Tapi khawatir gak suka. Tapi penasaran. Duh galau deh saya hehehe

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah cobain papeda jadi belum berani bikin sendiri hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^