Monday, August 7, 2017

Peduli Kesehatan Wanita Bersama Prodia

Peduli kesehatan wanita bersama Prodia  - Sebagai istri dan ibu, yang kebetulan juga dikarunia 2 anak perempuan, rasanya perhatianku pada kesehatan khususnya kesehatan wanita tambah besar. Apalagi mendengar berita sana sini tentang perkembangan penyakit yang menyerang kesehatan alat reproduksi perempuan nampaknya makin marak,makin cemas aja hatiku. 


Itu sebabnya saya makin waspada dan semangat mencari  informasi-informasi yang berkaitan dengan optimasi pengetahuan tentang kesehatan perempuan. 


Hari Jum'at yang lalu, tepatnya tanggal 4 Agustus 2017 saya excited banget menghadiri undangan blogger gathering yang bertema kesehatan wanita. Acara yang bertajuk 'Blogger Gathering, Prodia Women's Health Centre (PWHC)' ini diselenggarakan di Klinik PWHC, Jl. Wolter Monginsidi No. 77 Kebayoran Baru, Jakarta.
Dengan narasumber : Project Planner PWHC, Ibu dr.  Rini Budiyati  dan Dokter Penanggung Jawab PWHC, Dr. dr. Raditya Wratsangka.

Bersama dr. Rini Budiyati dan Dr. dr. Raditya Wratsangka 


Apa sih Prodia Women's Health Centre alias PWHC ini ?  Jadi, PWHC ini adalah klinik yang melayani pemeriksaan kesehatan khusus perempuan dengan basis Women-Wellness pertama di Indonesia. PWHC ini merupakan bagian dari PT. Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) yang meresmikan aktivitas layanan pemeriksaan kesehatannya pada 8 Maret 2017.



Apa hubungannya dengan awareness saya terkait kesehatan wanita adalah karena PWHC menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan wanita yang bersifat preventif sebagai filosofi dasarnya. Bagaimanapun, pencegahan datangnya penyakit apalagi yang bersifat degeneratif seperti cancer misalnya adalah yang terutama yang harus dilakukan. Karena check up yang dilakukan setelah penyakit itu datang, pada dasarnya sudah terlambat, upaya penyembuhannya lebih rumit dibandingkan dengan jika kita melakukan pencegahan dengan salah satunya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Perlu diketahui bahwa untuk penyakit semisal kanker yang terdeteksi gejalanya muncul di tubuh seseorang, sesungguhnya perjalanan penyakit itu telah dimulai sejak kurang lebih 15 - 20 tahun sebelumnya. Seandainya kehadiran penyakit itu terdeteksi sejak dini, upaya pengobatan dan penyembuhannya akan lebih efektif. 

Seperti pemaparan yang disampaikan dr. Raditya Wratsangka bahwa kanker serviks dan kanker payudara sebenernya bisa dicegah dengan pemeriksaan kesehatan sedini mungkin. Namun karena sumber pemicu kedua penyakit itu berbeda maka pencegahannyapun berbeda pula. Kanker serviks kebanyakan dipicu oleh virus yang dinamakan Human Papillomavirus, maka pencegahannya bisa dilakukan dengan melakukan Vaksinasi. Sedang kanker payudara banyak disebabkan selain pola makan yang salah juga banyak disebabkan karena faktor genetic. Pencegahan kanker payudara bisa dilakukan dengan metoda sederhanadan mandiri  seperti 'SADARI' (periksa payudara sendiri)  sampai mammography yaitu pemeriksaan payudara dengan alat kedokteran. 

Untuk Vaksinasi pencegahan kanker serviks sudah bisa dilakukan pada perempuan sejak usia 15 tahun, yang dilakukan 3 kali pada satu semester (6 bulan). 


Jenis Layanan Pemeriksaan Kesehatan di PWHC 


Sesuai dengan tujuan kehadirannya sebagai klinik yang melayani pemeriksaan kesehatan khusus wanita, PWHC menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan sebagai berikut : 

  • Pencegahan Dini (Primary Prevention) yang terdiri dari : Penyuluhan (edukasi) dan Vaksinasi / Imunisasi 
  • Pencegahan Lanjutan (Secondary Prevention) yang terdiri dari : Medical Check-Up, Tes Laboratorium Lengkap,  Pap Smear
  • Diagnostic Centre yang terdiri dari : USG obgyn, Colposcopy, LLETZ,  Hysterosalpingography, USG Breast, X-Ray (Rontgen), Electrocardiography 
  • Konsultasi dokter (dokter umum/spesialis/sub-spesialis)
Lengkap juga ya,  bahkan dalam waktu dekat PWHC akan menyediakan layanan Hysteroscopy (pemeriksaan bagian dalam rahim melalui vagina) dan Mammography (pemeriksaan bagian dalam payudara) juga menyediakan pemeriksaan kesehatan wanita berdasarkan strata usia (antara usia 13-18 th, antara usia 19-39 th, antara usia 40-64 th,  dan usia 65 th ke atas) sesuai dengan Well-Woman Annual Health Assessment Recommendation (ACOG,  2012).

Fasilitas Pemeriksaan Kesehatan  PWHC


Fasilitas pemeriksaan kesehatan yang disediakan di klinik PWHC cukup lengkap dan modern dalam gedung yang ditata senyaman mungkin untuk konsumennya. Kita merasa tidak berada di klinik kebanyakan, bahkan ada yang merasa diperiksa di hotel. Itu karena PWHC berkomitmen untuk melayani dengan hati. 






Ruang Pemeriksaan dan Tindakan Klinis yang bersih dan modern 

Fasilitas pelayanan yang modern dan nyaman itu semua didedikasikan untuk wanita Indonesia yang lebih sehat dan produktif. 

Yuk check kesehatan di Prodia Women's Health Centre 😊

Doc. Dwina 



Prodia Women's Health Centre
Jl. Wolter Mongisidi No. 77
Kebayoran Baru, Jakarta
Phone: 021-72783858
Email: womenshealthcentre@prodia.co.id

18 comments:

  1. Emang serem denger kata kanker itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dijauhkan ya dari penyakit2 seperti itu

      Delete
  2. tempat yang akan mengakomodir senua kebutuhan wanita akan pentingnya cek kesehatan tubuhnya

    ReplyDelete
  3. Mau deh check up ke PWHC. Belum pernah cek kesehatan khusus kewanitaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mbak jadi nggak takut ya kali tempatnya kayak gini

      Delete
  4. Pelayanannya bagus dan teknologinya modern pula yang menjadi plus tempatnya yang bikin nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nuansanya girly banget, yang remaja bakalan nyaman nih

      Delete
  5. Masuk klinik wangi begini, mah enggak ada takut ya.

    ReplyDelete
  6. Penting bgt ya kita periksa organ kewanitaan sebagai antisipasi smoga sehat2 selalu jgn smpe terlambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting sekarang ini dan periksa kesehatan secara rutin termasuk gaya hidup sehat buat banyak orang sekarang ini

      Delete
  7. mau coba ah ke Prodia ini :) makasi infonya mba dan aku belum berani cek kesehatan khusus kek gitu hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau juga bahwa gadis pun harus dilakukan vaksinasi servix...m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak Een, dulu mah waktu gadis cuek aja ya

      Delete
  9. Memang menakutkan nih penyakit kanker. Harus mulai jaga kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang teknologi kesehatan makin canggih dan fasilitasnya makin lengkap aja ya,

      Delete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^