Friday, February 17, 2017

Tanda -Tanda si Dia yang Sungguh Cinta



Tanda-tanda si dia yang sungguh cinta - Saat dua sejoli sedang saling jatuh cinta, segalanya nampak indah saja. Terutama pada masa permulaan hubungan, kedua insan cenderung hanya akan menampilkan kebaikan. Pada saat seperti ini seringkali segala kekurangan pasangan tersamarkan, bahkan kalaupun akhirnya tahu, ia kan dianggap angin lalu. Katanya, cinta itu buta. Yang lain berpendapat sama, katanya cinta tak ada logika.

Bicara cinta memang identik dengan membahas rasa. Apa daya kita jika hati sudah dibidik dan ditembus anak panahnya ? Bahkan jika ia penyakitpun tak ada orang yang ingin mengobatinya. Itulah hebatnya cinta.


Tapi, sedalam-dalamnya kasih sayang, setinggi-tingginya harapan kepada pasangan, kita tak lantas jadi lumpuh hati dan akal sehat kan ?. Kesadaran tersembunyi kita acap mempertanyakan atau bahkan memberi warning jika menangkap sesuatu yang kurang pas dalam sebuah hubungan.

Nah terutama bagi wanita yang masih meragukan cinta pasangannya, ada hal-hal yang bisa kita lihat dan rasakan untuk membantu meneguhkan keyakinan kita tentang seserius dan sekuat apakah cintanya. Di bawah ini tanda-tandanya.

1. Dia komit dan setia kepadamu. Hubungan yang baik dan langgeng memang mensyaratkan komitmen sepenuhnya. Sudah menjadi fitrah hati orang yang mencinta, ingin orang yang dicintai hanya untuknya seorang. 

Pria yang benar-benar mencintaimu tak akan bermain-main dengan waktu. Seluruh waktumu berharga untuknya , demikianpun waktu yang dia punya sangat berharga untuk dihabiskan bersamamu. Maka dengan orang yang komit seperti ini kamu tak akan banyak merasakan kegalauan, karena semakin lama cintanya terasa pasti. Seiring bertambahnya waktu kamu merasakan bertambah pula keyakinanmu kepadanya.

Tak hanya itu, pria yang sungguh mencintaimu juga siap untuk setia hanya kepadamu. Apalah artinya cinta jika tanpa kesetiaan ? Jika ada istilah cinta mati, layaknya itu berarti setia sampai mati.

Tentu saja kesetiaan tak datang begitu saja, tapi haruslah dipupuk setiap waktu dan rajin mencabuti masalah-masalahnya. 

Bisa jadi tak mudah menghadapi godaan tapi sadar bahwa hidup kita dan orang yang kita cintai terlalu singkat dan terlalu berharga untuk diganggu dan dikacaukan orang lain. 

Apa yang sudah kita berdua semai pada suatu saat nanti akan perlu kita tuai bersama, dan saat seperti itu akan jadi momen yang sangat berarti. 

Apalagi sesuatu akan semakin bernilai seiring waktu berjalan dengan orang yang kita ajak sejak awal memulai membuatnya. Betapa ruginya jika moment indah tak ternilai seperti itu harus hilang hanya karena nafsu sesaat di masa lalu. 

2. Dia bersemangat menyelesaikan masalah dalam hubungannya denganmu. Saat muncul masalah, mungkin persoalan restu orang tua, mungkin masalah ekonomi atau hal-hal lainnya, pria yang sungguh mencintaimu tak akan membiarkan masalah itu semakin membesar dan merintangi upayanya untuk mendapatkanmu. 

Jika dia menemukan situasi yang kurang baik dia akan segera mengurusnya tanpa kau minta. Inilah sikap laki-laki sejati. 

Jangan sia-siakan waktumu kepada seseorang yang tidak mau berusaha apalagi berkorban untuk mengatasi problem dalam hubungan kalian. Pernikahan tidak akan bisa bertahan tanpa upaya yang keras dan sungguh-sungguh.

3. Dia Selalu Ada di Masa Sulitmu. Tanda ini sebenarnya bersifat universal dalam hubungan spesial manapun apalagi seistimewa pernikahan.

Kekasih yang baik tak hanya sudi menemani di saat nan membahagiakan saja, di saat kecantikanmu menggetarkan hatinya semata. Tarikan kebersamaan justru akan semakin kuat manakala pasangan sedang berada dalam kesulitan.

Karena seorang pecinta telah merasa satu jiwa dengan yang dicintainya maka kesusahan pasangan adalah sama dengan kesusahannya dan derita pasangan adalah deritanya juga.

Tak ada yang paling membuat seseorang menderita melainkan manakala melihat orang yang dicintainya terluka.

4. Dia peduli pada apa yang kamu sukai. Orang yang sungguh mencintaimu tahu apa yang kamu sukai dan peduli akan hal itu. Mungkin saja dia tak tahu semua detil hidupmu, tapi dia "mencatat"nya. Dia mencatat hal-hal kecil yang berarti bagimu di dalam ingatannya dan suatu waktu akan diberikannya kepadamu dengan caranya. 

Bisa jadi dia membuatkan meja kerja sederhana buatan tangannya sendiri untukmu, atau mungkin membelikanmu perangkat dapur yang kamu butuhkan, atau menghadiahkan accessories rumah dengan warna kesayanganmu. 

5. Dia tak hanya sekedar cerdas, tapi juga bijaksana. Memang membanggakan memiliki suami yang cerdas, tapi dalam hubungan dua insan apalagi pernikahan jauh lebih dibutuhkan pribadi yang mampu berpikir secara holistik, mengerti kedalaman masalahnya dan kerumitan aspeknya sehingga bisa segera menemukan solusinya.

Tak perlu suami yang lulusan sarjana dengan nilai cum laude hanya untuk sekedar membantumu mengganti bola lampu kan ? Tak perlu ilmu fisika quantum pada saat hujan deras. Yang kamu sukai sederhana saja, melihat suamimu yang dihormati orang di kantornya dengan rela hati mau memperbaiki atap rumah yang bocor kan ? 

6. Dia memahamimu. Memahami di sini bermakna dia mengenalmu dengan sangat baik akan hal-hal yang kamu mau, atau tak kamu sukai. Pria yang baik dan mencintaimu akan memberikan ruang pengertian dan toleransi yang luas demi kebahagiaanmu.

Dia yang memahamimu akan selalu tahu bagaimana cara menghadapi dan bersikap kepadamu atau pada apapun yang berkaitan denganmu.

Dengan pria yang mau memahamimu kamu tak perlu kebingungan menjelaskan maksud dan harapanmu, tak perlu capek hati meluruskan kesalahpahaman yang kemungkinan besar bisa terjadi pada laki-laki yang kurang empati kepadamu.

Pria yang mau memahami kekasihnya biasanya adalah type pria yang sabar.

7. Dia mendukung cita-citamu. Meski hati telah saling terikat, tak berarti sepasang kekasih berhenti bermimpi. Begitupun kamu, jalinan asmara dan pernikahan tak bermakna kamu tak punya lagi cita-cita kan ?

Nikahi pria yang bersedia menemanimu meraih mimpimu. Karena bagi seorang pecinta, mimpi kekasihnya adalah mimpinya juga, kebahagiaan kekasih adalah kebahagiaannya juga. Dia selalu ingin menjadi bagian dari masa depanmu. 

Jika seseorang lebih banyak merintangi perjuanganmu, bisa jadi dia tak cocok untuk dijadikan teman hidupmu karena hanya akan menimbulkan kebingungan dan tekanan batin sepanjang waktu.

Betapa tak nyamannya manakala upaya keras kita tak mendapat dukungan orang yang justru paling kita harapkan pertolongannya. Dalam jangka panjang, ketaknyamanan ini akan menjadi konflik. Jadi, pertimbangkan lagi dia yang tak tertarik dengan asa dan cita-citamu. 

8. Dia mendidikmu. Pria yang mencintaimu bukan pria yang hanya bisa memanjakanmu hingga kamu tak sanggup kecuali hanya dengan menggantungkan diri kepadanya. 

Pria yang sanggup mendidikmu berarti dia adalah pria yang berpikiran dewasa, pria yang pantas menjadi imam keluarga. Dia ingin kamu berkembang dan bertumbuh dengan kekuatanmu sendiri. Dia ingin jika dia tak bisa berada di sisimu, kamu bisa bertahan dan tak menderita.

Maka ia akan berusaha menularkan hal-hal positif yang akan menguatkanmu. Jangan terkecoh dengan pria yang seolah menyayangimu dengan terus memanjakanmu padahal sejatinya itu bisa melemahkanmu.

Meski demikian, pria yang baik akan membimbingmu dengan cara yang baik. Jadi tak usah khawatir, kalau benar dia mengasihimu dia akan menemukan cara yang tepat untuk membuat semuanya berjalan dengan benar. 

9. Dia peduli kepadamu. Tak sedikit orang yang mengaku cinta tapi acap mengabaikan perasaan pasangannya. Orang yang sungguh mencinta biasanya akan peka terhadap perasaan pasangannya. Maka orang yang seperti ini tak akan membiarkan pasangannya tanpa kabar, atau membiarkan pasangannya kerepotan dan kelelahan sendiri atau tak mengacuhkan keperluan istrinya.

10. Dia menghormatimu. Mencintai seseorang bukan berarti memeluknya erat hingga ia tersesak atau menganggapnya serupa benda mati yang bisa diperlakukan sekehendak hati. Bagaimanapun pasanganmu adalah seorang pribadi yang utuh dengan segala keunikan background, fisik dan hasrat jiwanya sendiri. 

Jika dia mencintaimu maka dia akan menghargaimu sebagai seorang pribadi yang  pantas untuk dihormati. Menyadari bahwa kamu adalah ibu dari anak-anaknya yang ia ingin anak-anak kalian menghormatimu juga maka dia sendiri mengawalinya dan membiasakan rasa hormat tumbuh di dalam hubungan cinta kalian. 

Jika di dalam diri pasanganmu kamu temukan tanda-tanda di atas itu maka berbahagialah, dia orang yang tepat buatmu dan pantas untuk dipertahankan.

Percayalah bahwa Tuhan memberkahimu, dan bersyukurlah dengan terus belajar dan berusaha untuk menjadi pribadi yang baik dan indah juga untuk pasanganmu yang luar biasa ini. 

Selamat menebar cinta





4 comments:

  1. Wiii mba Winny tulisannya selalu penuh cinta,,,jadi teduh bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jadi teduh karena ngomongin cinta ya mb Lily, jangan ngomongin yang panas2 ah gerah xixixi

      Delete
  2. Wuih, jadi pertanyaan nih ke diri sendiri. Dari ke-10 hal yang Mbak Winny sebut di atas apakah sudah saya lakukan semuanya atau baru sebagian? Kalau baru sebagian berarti tanda-tanda cinta ke istri belum komplet, kalau sudah berarti alhamdulillah. Benar ya, bagi seorang wanita cinta itu tak sekedar diucapkan tapi lebih penting lagi ditunjukkan dengan tanda-tanda alias tindakan nyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya mas Eko malah udah pakar nih :-)

      Delete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^