Monday, February 6, 2017

Bermain di Taman Kaulinan Bogor

Bermain di taman kaulinan Bogor- Sudah cukup lama lapangan Sempur yang biasanya menjadi tempat warga Bogor berkumpul untuk berolah raga setiap pagi atau sekedar duduk-duduk di bangku-bangkunya untuk menikmati suasana senja nampak terisolasi oleh pagar-pagar  tinggi tanda sedang dibenahi.

Tapi, pada hari Minggu tanggal 5 Februari 2017 kemarin lapangan yang terhampar seperti lembah di jalan Sempur yang letaknya berdekatan dengan Istana dan Kebun Raya Bogor itu telah dibuka kembali dan bersalin rupa menjadi lapangan yang lebih teduh dan indah.

Ya, hari itu Lapangan Sempur secara resmi telah dibuka kembali untuk publik oleh Walikota Bogor Bima Arya. Nampak jelas antusiasme dan kegembiraan warga Bogor menyambut acara persemian itu. Bagaiamana tidak, setelah diresmikannya Taman Ekspresi yang letaknya juga berdekatan, kehadiran lapangan Sempur sekarang lebih banyak mengakomodir kebutuhan warga akan ruang terbuka hijau yang selain membuat pemandangan kota jadi tampak lebih berseri juga berguna untuk kelestarian alam dalam memenuhi kebutuhan akan zona penyerapan air hujan.

Saya suka dengan landscape design yang diaplikasikan di lapangan Sempur sekarang mulai jenis rumput di tengah, pinggir dan yang tersebar di sekitar lapangan, bebatuan untuk pijakan kaki warga dan sebagian lain yang dipasang khusus untuk terapi kaki, jenis pasir yang ditebar untuk jalur jogging, jenis-jenis tanaman hias dan pepohonan, lampu-lampu taman, bangku-bangku, tempat sampah sampai rambu-rambu petunjuk dan peringatan.


Lapangan Sempur terlihat dari arah Jalan Sempur 

Masih pagi, lapangan Sempur masih belum ramai

Ukiran Nama Lapangan Sempur masih tertutup kain sebelum diresmikan

Rambu-rambu untuk pengguna lapangan Sempur seperti ini cukup banyak tersebar di sekeliling lapangan

Tempat sampah yang mendukung kelestarian alam dibuat berdasarkan jenis sampah; organik dan non organik


Taman Kaulinan, DonasiKU dan Yayasan Berani Bhakti Bangsa


Ada yang baru di lapangan Sempur sekarang, dan sebagaimana pembuatannya, peresmiannyapun dilakukan bersamaan dengan pembukaan lapangan Sempur pasca renovasi. 

Ya, Taman Kaulinan, ini adalah taman yang disediakan untuk tempat bermain anak-anak di kota Bogor. Kata "kaulinan" sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti permainan. Sebagai bagian dari provinsi Jawa Barat dimana warganya kebanyakan memiliki akar budaya dari suku Sunda, pemkot Bogor berupaya memeliharanya dengan menerapkan salah satunya adalah pada taman yang terletak di sebelah timur lapangan Sempur ini. 

Taman Kaulinan ini dibuat untuk kepentingan umum khususnya anak-anak secara modern namun disesuaikan dengan adat dan budaya setempat serta dilengkapi dengan standar keamanan dan keselamatan yang baik. 

Ada ragam jenis permainan tradisional yang disediakan di Taman Kaulinan ini mulai permainan engklek (sondah), engrang, ayunan, perosotan/serodotan, rumah pohon, ular tangga, kotak-kotak dan tali temali untuk panjatan. Tentu saja semuanya boleh digunakan secara cuma-cuma oleh siapapun yang bermain di sana. Asyik ya. 

Menurut Solihin, Corporate Affairs SAT, waktu pengerjaan taman Kaulinan dengan luas sekitar 600m2 ini bersamaan dengan revitalisasi Lapangan Sempur yang dimulai 25 Juli 2016 yang lalu.

Yang membanggakan dari Taman Kaulinan ini menurut saya adalah bahwa ternyata ia terwujud dari tak hanya goodwill pemerintah kota semata tapi juga  kepedulian kita masyarakat juga. Nyatanya, kehadiran Taman Kaulinan di lapangan Sempur Bogor ini adalah hasil dari penggalangan dana masyarakat bertajuk DonasiKU yang dihimpun melalui kasir-kasir di Alfamart dan Alfamidi yang diselenggarakan oleh Yayasan Berani Bhakti Bangsa yang berlangsung sejak November - Desember 2015.

Program DonasiKU ini dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementrian Sosial RI.

Kegiatan lain yang diselenggara dan didanai oleh program DonasiKU lainnya adalah program Bright Eyes Bright Futures (BEBF) yaitu program penyaluran kacamata gratis untuk anak-anak sekolah yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Keren ya.

Nah bagi yang ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang Yayasan Berani Bhakti Bangsa ini selain mellihat webnya, anda juga bisa follow twitternya di @yayasanberani






Para penari cilik siap menyambut Walikota Bogor

Walikota Bogor Bima Arya siap meresmikan Taman Kaulinan Sempur Bogor

Penandatanganan batu prasasti Taman Kaulinan

Prasasti Taman Kaulinan Bogor

Reporter cilik dari Yayasan Berani sedang mewawancarai Pak Solihin ; Corporate Affairs SAT
Pada akhirnya resmi sudah Taman Kaulinan di lapangan Sempur ini menjadi milik warga Bogor setelah Walikota Bogor Bapak Bima Arya menanda tangani prasastinya.

Menurut pak Walikota saat ini kota Bogor sudah memiliki beberapa taman tematik yang tersebar di beberapa titik seperti Taman Bogor, Taman Corat-Coret, Taman Skate Park, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, Hutan Kota dan Taman Malabar. Beliau berujar bahwa revitalisasi taman-taman ini bukan sekedar upaya untuk menambah ruang terbuka hijau tapi lebih dari itu untuk tempat membangun karakter warga. "

"Taman adalah oksigen jiwa. Mimpi kita untuk membangun Bogor menjadi kota untuk keluarga". (Bima Arya)

 Semoga apa yang sudah tersedia bisa kita jaga bersama ya, sehingga anak cucu juga bisa merasakannya, aamiin. 

Yuk main ke Taman Kaulinan Sempur Bogor. 

32 comments:

  1. Andai aku tggal deket sempur, pasti tiap sore deh main ke taman kaulinan. Sejuk, asri, mainannya bagus. Huhu senangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg mau rumah di sekitar Sempur, masih asri ya

      Delete
  2. Kereeen ada permainan tradisionalnya juga.. :D Seneng liat anak2 bisa happy main di taman ya mba.. Aku baru sekali CFD di Bogor tp udah agak lama.. Pingin sekali2 ke sana lagi pasti anak2 seneng. :D

    ReplyDelete
  3. Rahma sangat menikmati permainannya ya Mbak Win. Ah pengen rasanya ke taman Kaulinan lagi! Banyak permainan tradisionalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeett, Rahma masih seneng permainan2 yang banyak herak begini :-)

      Delete
  4. Wah, taman Sempur sekarang jadi keren, sepertinya pas banget buat berolahraga. Kapan-kapan pengen mampir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk olah raga di taman sempur, udah tambah bagus sekarang :-)

      Delete
  5. Itu yang jadi reporter cilik anak teman say waktu ngajar dulu. Juara satu bahasa Inggris tingkat Nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya ? Waah kereen. Memang itu anak keliatan cerdas dan pemberani

      Delete
  6. Asik banget ya sekarang ada taman ini. Jadi bisa main gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya asal mau ke sini bebas main ya mb Leyla

      Delete
  7. Semoga taman ini tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga ya mb Arni biar awet bagus

      Delete
  8. Ya ampuuun seru bgt ya mba permainan di Taman Kaulinan ini... beruntungnya warga Depok punya taman ini, huhu mupeng

    ReplyDelete
  9. Setuju dgn bapak Walikota, Taman adalah oksigen jiwa.. bisa main, olahraga, kumpul keluarga ya. Untung ada Taman Kaulinan Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb Lia, semoga warga Bogor pandai menjaganya.

      Delete
  10. Anak-anakku suka banget main di sini. Ternyata kalau difasilitasi dengan baik, anak-anak juga bisa ya meninggalkan gadget dan benar-benar bermain! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa dicontoh di rumah bikin permainanan2 kyk gini

      Delete
  11. Mau kesini lagi ajak anak-anak sambil lihat Istana Bogor..

    ReplyDelete
  12. Seru banget Mba liatnya, jadi pengen mainin semuanya Mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya jadi pengen balik kecil lagi ya Yul, mainin semuanya

      Delete
  13. aku pengen balik lagi kesana. sekalian jogging ahh

    ReplyDelete
  14. anak-anak pasti seneng dan betah ya, main di Taman Kaulinan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb Astin, Rahma aja ampe ga mau pulang

      Delete
  15. Bogor makin bikin kangen. kedua anak saya antusias banget main ulartangga

    ReplyDelete
  16. makin banyak tempat enak untuk main dengan anak-anak yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^