Sunday, April 3, 2016

Tips Hemat Kopdar Ala Winny

Ngeblog Saat Itu


Sejak memulai aktivitas menulis di blog sekitar tahun 2009, tak terpikir bahwa fenomena ngeblog akan menjadi sesemarak yang sekarang kurasakan.

Dulu menulis di blog semata-mata hanya untuk menuangkan gagasan. Meski awalnya gagasan itu terpapar berupa fiksi, puisi, cerpen ataupun hanya sekedar opini tentang hal- hal remeh yang sedikit kufahami.

Semakin lama menulis di blog aku mulai menemukan pembaca tulisanku dan sebagian diantara mereka ternyata adalah blogger juga, yang memiliki minat dan antusiasme yang sama di bidang menulis.

 Dari sana aktivitas ngeblog berkembang menjadi lebih berwarna. Kami saling memberikan awards, yaitu semacam penghargaan antar sesama teman blogger yang acap saling berkunjung. Aku juga mulai mengenal Giveaway, ajang lomba menulis yang biasanya diadakan oleh blogger untuk sesama blogger, tujuannya sederhana saja hanya untuk sekedar meramaikan aktivitas ngeblog dengan hadiah yang juga sederhana, kadang hanya berupa banner digital. Yang terakhir, adalah kopdar, ini hal paling menyenangkan yang terasa manisnya hingga sekarang ini dalam bentuk di luar kegiatan menulis itu sendiri. Darinya, aku menjadi semakin mencintai dunia ngeblog.


Ngeblog Saat Ini


Saat ini, dunia ngeblog tak lagi hanya sekedar aktivitas menulis. Ia mulai terasa menjadi lebih berwarna. Menyentuh ruang-ruang yang tak kuduga sebelumnya.

Sekitar tahun 2011 aku mulai melihat riak blogger yang berkomunitas. Mungkin karena jumlah blogger semakin banyak dan tema tulisan pun semakin beragam, maka secara alami  para blogger saling merapat dengan teman blogger yang lain, ada yang karena satu hobi misalnya para foody blogger / blogger yang mengkhususkan tema tulisannya pada bidang masak memasak mereka membuat komunitas yang berkaitan dengan hal itu. Para blogger yang hobi fotografi berkomunitas juga dengan sesama blogger dengan hobi yang sama. Atau tak harus karena sehobi, ada juga komunitas yang dibuat multi genre, tema, hobi maupun karakter penulisan. Dibuat semata-mata sebagai wadah tempat semua blogger berkumpul.

Berawal dari titik ini kurasa dunia blogging berubah tak lagi sekedar sebagai ajang menulis murni, sebagai para kreator tulisan yang menggunakan teknologi internet, para blogger mulai dilirik dan perlahan turut terlibat pada geliat dunia industri. Perlahan tapi pasti, blogger mulai banyak yang mendapatkan nilai tambah dari aktivitas menulisnya misalnya seperti menerbitkan buku, mendapatkan job review hingga terlibat dalam pembuatan film berdasarkan tulisan di blognya.

Tapi satu hal yang buatku tak berubah rasanya adalah kesempatan kopdar.
Beberapa kali mengikuti event-event blogger tetap itulah bagian termanis dari kegiatan ngeblog. Meski tak menafikan benefit berupa materi yang kadang mewarnai latar belakang event itu, tapi buatku pribadi sebagai ibu rumah tangga yang setiap hari berkutat dengan tugas dan peranku kepada suami dan anak-anak, maka acara-acara temu blogger in reality adalah variasi hidup lain yang menggairahkan. Senang rasanya masih bisa belajar tentang banyak hal dari teman-teman bloggerku kala berjumpa mereka, atau walaupun hanya sekedar ngopi dan ngobrol menghabiskan waktu bersama. Bahwa ternyata persahabatan kami memang benar-benar nyata.

So, kini ngeblog adalah bagian tak ter pisahkan dari hidupku. Aku masih merasa tetap bisa memiliki idealismeku yang dulu menjadi niat awalku menulis meski dunia terus bergerak dan berubah. Bahkan perubahan ini menjadikanku lebih bersemangat lagi untuk bisa menjadi lebih baik.

Tips hemat kopdar ala Winny 


Beberapa kali mengikuti event blogger baik di dalam maupun luar kota, mungkin boleh buatku sekedar berbagi tips bagaimana mempersiapkan diri jika akan mengikuti acara kopdar atau event-event blogger :



  1. menghapal rute dan kendaraan. Hal ini diperlukan agar kita bisa menghadiri acara secara efektif dan efisien. Jangan sampai kita datang terlambat jauh dari waktu yang ditentukan oleh penyelengggara acara. Apalagi sekarang banyak blogger diundang untuk kesempatan profesional. Maka kedisiplinan dalam bentuk datang on time sangat dieprlukan. Untuk itu sebelum berangkat pelajari dulu lokasi acara, perkiraan rute perjalanan dan kendaraan serta costnya. 
  2.  Menentukan kendaraan : biasanya untuk menghadiri acara blogger yang kebanyakan dilaksanakan di ibu kota aku berusaha menggunakan commuter line. Selain terasa lebih efektif dari segi rute perjalanan, tidak rumit harus berganti-ganti kendaraan juga efisien dan ekonomis dari segi ongkos perjalanan. Jika acara blogger yang dihadiri banyak, faktor ini terasa sangat penting.
  3. Bawa cemilan dan minuman sendiri. Hindari jajan di perjalanan adalah hal yang bijak. Bukan sekedar untuk kepentingan menghemat uang dimana memang membeli makanan di perjalanan sering tak terasa menguras dompet dengan semena-mena. Tapi ini juga bisa menghemat waktu di perjalanan. Membawa sepotong roti kukira adalah cara simple dimana kita bisa sarapan dengan nyaman di stasiun kereta atau bahkan di dalam kereta jika kebetulan mendapat tempat duduk.
  4. Bawa power bank / charger HP adalah keharusan karena kehabisan daya baterai akan membuat persoalan. Hindari masalah sulit berkomunikasi, tak bisa update berita atau kewajiban blogger lain seperti reportase langsung semacam live twit dsb cuma gara-gara lowbat.


Kurasa itu sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk teman-teman. Semoga bermanfaat. Then, happy blogging ya.

8 comments:

  1. kita belum sempat ketemu lho mbakk

    ReplyDelete
  2. kalau di Surabaya, justru semangat blogging kok sepertinya malah menurun ya mbak? memang banyak sih undangan ke acara komersial, tapi sepertinya blogger hanya dijadikan sasaran tembak bagi para merk untuk memboost merknya aja :(

    ReplyDelete
  3. wah ternyata aisyah masih berada di periode 'ngeblog saat itu' ^^
    Oya salam kenal kak Winny.. ^^

    ReplyDelete
  4. Nah kalo saya ke ibu kota paling pusing deh hapalin rute. Makanya mending bareng sama temen2 asinan aja

    ReplyDelete
  5. Terus kapan ya aku bisa ketemu sama mbak winny :(

    ReplyDelete
  6. Yang bawa camilan sendiri itu mbak kadang-kadang tempat kopdarnya gak bolehin bawa makanan dan minuman dari luar kan syedih gak bisa hemat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^