Wednesday, March 30, 2016

Panduan Memilih Mobil Favorit Keluarga

Saat masih pengantin baru hingga dikarunia anak putri pertama, kesana kemari hanya dengan menggunakan kendaraan roda dua enggak masalah. Apalagi kalau ada acara keluarga besar bersama, numpang di mobil kakak (dan kebetulan kakak iparku banyak pula hehe) ke mana-mana senang-senang aja. Bener-bener keluarga kecil sederhana nan bahagia tapi nyusahin orang.

Lama-lama aku dan suami mikir juga, koq rasanya nggak enak ya jadi beban orang lain terus. Apalagi saat bertambah momongan dan rumah tempat tinggal pindah dari Bandung ke Bogor, semakin terasa kebutuhan akan mobil untuk keperluan mudik maupun kebutuhan keluarga lainnya.

Dulu, mencari informasi penjualan mobil hanya mengandalkan iklan di media baik off line maupun online atau kasak kusuk saudara dan tetangga. Karena terbatasnya informasi, beberapa kali kami merasakan kekecewaan karena membeli mobil yang kondisinya jauh dengan yang diinformasikan. Apalagi kalau beli mobil second, pokoknya harus super duper teliti deh kalau enggak mau rugi berkali-kali.

Nah karena sekarang industri mobil nampaknya sudah semakin maju karena kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat ini juga semakin besar, bermunculanlah produk-produk mobil dari berbagai macam brand melanda dunia termasuk Indonesia. Tercatat, pada tahun 2012, penjualan mobil dunia berkisar pada angka 89,68 juta unit.  Di Indonesia sendiri mencapai angka penjualan 1 juta unit pada tahun yang sama.

Biarpun banyak orang mengklaim terjadi krisis ekonomi, namun pada tahun 2015 Indonesia saja mampu menggelar dua pameran mobil terbesar di ASEAN yang diselenggarakan oleh Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS). Nah bingung nggak tuh ?

Tapi, kembali ke bahasan kita sebelumnya, sekarang orang bisa mencari tahu informasi penjualan mobil idaman untuk keluarga jauh lebih nyaman dan mudah. Kenapa ? Karena sekarang ada portal otomotif terkemuka di Indonesia yaitu Mobil123.com [Advertorial post - Disclosure ] dimana kita bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya tentang mobil sehingga bisa membantu kita memilih mobil mana yang cocok dengan kebutuhan keluarga dan sekaligus kondisi keuangan kita.

Melalui portal ini, kita bisa mendapatkan informasi apapun dari mulai merek mobil, kondisinya, lokasi, sampai daftar harganya tanpa harus angkat kaki ke luar rumah, cukup klik dan explore http://www.mobil123.com saja.





Nah, sebelum berselancar di portal mobil123.com kita, baik sekali kalau kita simak beberapa tips dari para konsultan otomotif yang mengisi acara dengan Tajuk :”Tips Mencari Mobil Idaman Keluarga” di Pisa Kafe Mahakam Jakarta pada tanggal 29 Maret 2016 yang lalu.

Menurut Country Manager Mobil123.com PC Gan, banyak faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan kita sebelum membeli mobil, diantaranya faktor dana, faktor kebutuhan keluarga, style mobile dan lain-lain. 

Di era digital seperti sekarang ini, jutaan orang bisa melakukan riset, cek and ricek dulu di website-website otmotif termasuk seperti portal otomotif mobil123.com ini. Kami sendiri, menyajikan beragam pilihan mobil baik baru maupun bekas dari ribuan dealer dan penjual mobil terpercaya di Indonesia, fitur pembanding dan artikel-artikel yang bisa menjadi referensi para calon konsumen, tambahnya.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Mobil ?







Dalam sessi berikutnya, advisor sekaligus praktisi otomotif yang merupakan automotive sales and marketing profesional mobil123.com Paulus S Firmanto memaparkan faktor apa saja biasanya yang  menjadi pertimbangan masyarakat saat akan membeli mobil, diantaranya adalah :

  1. Daya muat (seberapa besar kemampuan mobil mengangkut penumpang), 
  2. Harga terjangkau, 
  3. Irit bahan bakar, 
  4. Kemudahan perawatan, 
  5. Fitur dan desain yang modern
  6. Resale value (daya jual kembali, mengingat masyarakat kita yang mampu secara ekonomi senang berganti-ganti mobil).




Dan itu semua akan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup sang calon pembeli, kebutuhan serta harganya.



Jika kita berniat untuk membeli mobil bekas, Agus Mustofa dari National Technical Support Auto 2000 menjelaskan bahwa ada lagi faktor tambahan yang harus diperhatikan, yaitu servis historisnya semisal 
  1. tahun keluar mobil, 
  2. Harga
  3. Kilometer (sudah seberapa jauh jarak yang ditempuh kendaraan) 
  4. Kondisi mesin.




Selain keempat hal di atas, sesuaikan juga model mobil dengan karakter kita, apakah lebih cocok dengan jenis SUV, sedan, MPV atau lainnya.

Sip deh, sekarang sudah enggak bingung lagi kan kemana mencari informasi mobil yang diminati keluarga ? klik aja mobil123 di websitenya di http://www.mobil123.com 

Salam otomotif





4 comments:

  1. Nanti dari Bogor ke Bandungnya mampir dulu ke Cianjur ya :)

    Btw, ini malah lebih lengkap banyak design grafisnya
    jadi betah baca eh ;)

    ReplyDelete
  2. Acara kemarin sangat berwawasan :D

    ReplyDelete
  3. nanti kalo dha beli mobilnya, mampir ke bandung, samper ya maak!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^