Tuesday, March 29, 2016

Daun Sirih Untuk Obat Sakit Gigi

Daun sirih untuk obat sakit gigi - Sejak mengenal dokter gigi sampai sekarang, yang paling makan waktu adalah urusan tambal gigi. Karena tak cukup sekali  datang, tapi berkali-kali hanya untuk maintain satu gigi saja.

Apalagi kalau sudah terkait gigi anak-anak yang meskipun sudah menegakkan disiplin gosok gigi garis keras tetep lolos aja itu lubang gigi dan buat ikut nyut-nyutan hati ibunya.

Berawal dari teringat kebiasaan nenek saya dulu menyirih (mengunyah daun sirih yang dicampur kapur sirih, gambir, buah pinang muda dan tembakau untuk menggosok giginya) saya penasaran pada khasiat bahan-bahan itu mengingat dari jawaban nenek yang samar-samar saya ingat bahwa wanita-wanita di kampung ayah saya dulu biasa menyirih untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi mereka.

Saya merasa jawaban itu logis karena terbukti nenek dan kakek saya dulu tak mengenal berobat ke dokter gigi. Tanpa browsing ini itu, hanya berbekal percaya pada pengalaman orang tua, ditambah sakit gigi yang bikin malas kemana-mana saya petiklah beberapa lembar daun sirih di halaman. Setelah dicuci bersih, saya ambil dua helai dan mengunyahnya sedikit demi sedikit tanpa menelannya. Saya beri penekanan lebih sering pada bagian gigi yang sakit. Persis orang menyirih, namun tanpa campuran lain apapun. Hanya daun sirih.

Ada rasa getir, pedas dan kesat di mulut saat mengunyah daun berbentuk dan beraroma khas itu. Saya bertahan untuk terus mengunyahnya hingga hancur di dalam mulut untuk mengambil khasiat getahnya. Setelah kurang lebih 1 - 2 menit dikunyah di dalam mulut saya lalu membuangnya dan berkumur-kumur.

Ajaib, rasa sakit yang saya rasakan sebelumnya perlahan menghilang. Mulanya saya menduga mungkin ini efek dari rasa pedas dan kesat daun yang tertinggal. Tapi ternyata, rasa nyaman di gigi setelah menyirih ala saya tadi bertahan lama sampai berminggu-minggu sehingga saya merasa sudah sembuh. Alhamdulillah

Sejak itu, saya coba rutinkan mengunyah daun sirih (cukup satu lembar saja) untuk menjaga kesehatan gigi dan pencegahan penyakitnya. Hal inipun saya terapkan kepada anak-anak selain tetap membiasakan menjaga kesehatan dengan rutin menyikat gigi.

Hasilnya lumayan, sekarang saya jarang ke dokter gigi ataupun membeli obat-obatan kimiawi untuk alasan sakit gigi. Cukup mengunyah daun sirih secara rutin minimal satu minggu sekali (tapi jangan terlalu sering juga ya mengingat efek negatifnya yang bisa jadi muncul jika digunakan berlebihan).

Dari beberapa sumber saya menemukan bahwa daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak serta kavikol yang memiliki daya mematikan kuman. Daun sirih juga memiliki zat antioksidan dan fungisida (anti jamur).

Daun sirihpun berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Mempunyai kemampuan menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan mencegah gangguan saluran pencernaan.

Keistimewaan lainnya, daun sirih juga ternyata bersifat mengerutkan, sanggup mencairkan dan mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat mimisan, dipakai 2 lembar daun segar sirih, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Selain kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Nah ternyata, banyak sekali ya khasiat dari daun sirih ini. Masya Allah, padahal dia cuma salah satu tanaman dari jutaan tanaman yang dipercaya berkhasiat. Betapa alam telah sediakan tak terhitung penawar segala sakit kita. Lain kesempatan, saya akan menulis khasiat tanaman obat lainnya ya. Semoga bermanfaat.



14 comments:

  1. Ouh bisa ya buat obat sakit gigi? Tahunya cuma pembersih V :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini saya pake juga buat gigi mbak

      Delete
  2. Baru tau nih kalo sirih bisa obatin sakit gigi. Aku terkadang sakit gusi dan di kebun ada sirih, yaa baru tau

    ReplyDelete
  3. Baru tau nih kalo sirih bisa obatin sakit gigi. Aku terkadang sakit gusi dan di kebun ada sirih, yaa baru tau

    ReplyDelete
  4. ohh tenyata daun sirih juga bisa buat obat sakit gigi ya :) saya baru tahu tuhh

    ReplyDelete
  5. Dari jaman baheula memang dikenal sirih hijau itu disamping buat kebiasaan "nyirih" juga untuk menguatkan gigi dan gusi, otomatis gigi kita jadi sehat. Kalo bunda untuk pencegahan penyakit yang bunda derita teratur seminggu 2 x minum seduhan sirih merah. Untuk rasa memang lebih enak sirih hijau, karena gak pahit.

    ReplyDelete
  6. iya nih udah pernah denger kalo sirih juga buat sakit gigi, tapi belum pernah nyobain :)

    ReplyDelete
  7. sirih merah ku mati hiksss, padahal sudah merambat, ini penting ya buat obat sakit gigi

    ReplyDelete
  8. Waktu masih ada pohon sirih, sesekali aku suka berkumur pakai air daun sirih. Untuk wanita baik juga nih. Termasuk tumbuhan dengan multi fungsi. Kira2 kalo nanem daun sirih, berhasil gak ya?

    ReplyDelete
  9. Kalau di Jawa duluuuu banget banyak simbah-simbah yang pake daun sirih untuk ramuan utama nginang. Istilah Sunda-nya apa ya? Dan ternyata nenek-nenek yang rajin nginang jauh lebih kuat dari yang nggak suka nginang. Tapi ya warnanya jadi merah-merah gitu sih.

    Sayang, sekarang jarang banget atau malah gak ada nenek-nenek nginang.

    ReplyDelete
  10. kalau bagi keluarga kami, sejak jaman simbah juga sudah memanfaatkan daun sirih. digunakan untuk berkumur2 dan bisa mengatasi masalah sariawan dan gejala flu awal

    ReplyDelete
  11. makasih sharenya mba, saya sama suami nih kadang2 suka sakit gigi

    ReplyDelete
  12. makasih mb, bisa jadi referensi obat sakit gigi yang alami deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^