Monday, November 23, 2015

Nikmati Keseharian Bersama Mariza Foods




Nikmati keseharian bersama Mariza Foods - Mendapat kesempatan khusus bisa mengunjungi event JIEXPO di Kemayoran yaitu pameran produk dan jasa serta semua hal yang berkaitan dengan makanan dan minuman baik itu teknologi, bahan baku, perlengkapan serta peralatannya  yang diselenggarakan oleh SIAL group hari Sabtu tanggal 14 bulan November 2015 yang lalu sungguh merupakan hal yang spesial untuk saya, apalagi pergi dan pulang bersama teman-teman blogger yang sama-sama bermukim di kota hujan Bogor dengan menggunakan commuter line.

Berangkat dari rumah sejak pagi pukul 06.00 WIB dan tiba di lokasi acara sekitar jam 9.30an membuat saya dan ketiga teman saya leluasa karena event JIEXPO hari terakhir dari 4 hari waktu pelaksanaannya baru saja dimulai. Mungkin berhubung menjadi hari terakhir penyelenggarannnya juga, suasana di semua hall pameran terasa sangat ramai dan meriah.

SIAL sendiri merupakan  sebuah global marketplace yang menjadi patokan dunia untuk para pelaku bisnis yang terlibat di bidang jasa, ritel dan industri makanan. Didirikan sejak tahun 1964 di Paris, menjadi lembaga yang mempertemukan antara produsen utama makanan dengan penjual dan pembel i di berbagai  event berkelas dunia. Kali ini bekerjasama dengan  Interfood Indonesia yang merupakan bagian dari Interfood Group  yang merupakan pemasok susu global terkemuka, yang memfasilitasi lebih dari 600.000 MT produk susu per tahun.

Mariza Foods

Sejarah Berdirinya

Chairman of PT. Marizarasa Sarimurni bahwa perusahaan makanan ini berdiri pada tahun 1973 oleh Bapak Jamatama dan Ibu Enggawati. Produk utamanya adalah selai srikaya. Selai srikaya ini dibuat dari bahan-bahan santan, telur, dan daun pandan. Setelah penjualan selai srikaya berkembang, Mariza Foods berinovasi dengan memproduksi variant rasa selai yang ain, yaitu rasa cokat dan kacang.

Pada tahun 1976, kue lapis legit (Layer Cake) diproduksi untuk pertama kainya masih dengan proses pembakaran yang sederhana. Saat itu  kue lapis legit diproduksi hingga 1- sampai 15 kaleng per hari.
PT. Marizarasa Sarimurni terus berekspansi dan mengamankan posisinya sebagai perusahaan makanan terkemuka di Indonesia. 

Marizarasa mengklaim sebagai perusahaan yang mengkombinasikan antara kreativitas dan tekhnologi yangmaju untuk memproduksi produk-produk berkuaitas tinggi dan unik sesuai dengan perkembangan selera masyarakat. Pt Marizarasa Sarimurni selalu berusaha meningkatkan targetnya dalam pengembangan kapasitas, distri busi dan sebaran pemasaran mealui menghasilkan beracam-macam produk baik untuk konsumsi domestik maupun luar negeri.

PT. Marizarasa Sarimurni adalah perusahaan pertama di dunia yang mengeksport kue lapis legit (Layer Cake) ke berbagai negara di seluruh dunia. Di mana lapis legit tersebut dibuat dari bahan-bahan piihan dan dipanggang lapis per lapis sehingga bisa awet dan masih bisa dikonsumsi daam rentang waktu satu tahun seama disimpan dalam suhu ruang.

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, perusahaan Mariza Foods berkomitmen untuk tumbuh cepat berdasarkan filosofi inovasi kualitas produk yang dibuat dari bahan-bahan terpilih.



Booth Mariza Foods

Setelah melakukan registrasi di booth panitia penyelenggara kami segera mendapatkan name tag yang menandai bahwa kami adalah visitor resmi  JIEXPO dan brosur serta denah lokasi penyelenggaraan pameran yang luas.



Dengan berbekal denah dari panitia kami menelusuri  setiap hall yang dipenuhi berbagai peragaan produk-produk makanan dan minuman  maupun bahan baku hingga berbagai teknologi canggih pengolah makanan mulai dari skala rumahan, restoran hingga pabrik besar.

Beraneka makanan dan minuman dipajang sedemikian rupa menarik hati saya untuk sekedar berhenti dan berlama-lama memandangi keindahannya atau mengagumi kecanggihannya. Ini pertama kalinya saya mengunjungi pameran produk makanan dan minuman terbesar di Jakarta, jadi lumayan sering terpana melihat setiap karya kulinary di sana diragakan begitu rupa.






Setelah berkeliling mengitari hall cukup lama tibalah kami di boot Mariza Foods yang segera menarik perhatian karena beberapa produk yang dipajang di sana terasa familiar. Ada beberapa di antaranya juga yang cukup sering saya konsumsi seperti selai untuk toping atau isian roti dan kue.

Pertama singgah di booth ini saya tertarik pada peragaan masak yang dipandu Cheff Gori  Ilham, yang memperagakan pembuatan pancake yang dibuat dari tepung premix Mariza beserta topingnya. Saya berkesampatan mencicipi hasil olahannya yang ternyata terasa lezat, padahal dari yang saya perhatikan cara pengolahannya sangat simple dan cukup cepat.



Perhatian saya berikutnya beralih pada susunan toples besar cantik berisi cairan semacam infused water yang sering saya buat di rumah dengan berbagai buah-buahan utama sebagai prime fruite-nya. Ternyata Marizza pun memproduksi sirup dari bahan dan buah-buahan itu dengan variant rasa seperti Peach, Lychee dan Strawberry. Terasa sangat dalam saat saya mencicipi kesegaran rasa asam dan manisnya,membuat rasa lelah badan saya hilang dipakai berkeliling sebelumnya.





Di sudut lain display table saya lihat aneka toping yang sudah tak asing lagi untuk saya karena saya sering mengkonsumsinya, ialah beraneka variant topping jam Mariza dari mulai rasa coklat, strawberry, caramel, blueberry hingga mocca. Yang paling sering saya gunakan adalah topping dengan rasa coklat dan blueberry, jadi cukup surprised juga mengetahui ternyata topping jam dari Mariza ada juga dari variant rasa caramel dan mocca.



Assisten Manager Industrial Sales Division of Mariza Foods, mbak Monica menyambut kami dengan ramah pagi itu dan menjelaskan banyak hal tentang seputar produk yang ditawarkan. Dari percakapan bersama beliau kami mengetahui bahwa produk pertama Mariza Foods yang spopuler di masyarakat adalah selai Srikaya dan kue lapis legitnya.

Pada kesempatan itu saya juga berkesempatan mewawancara Operational Direktur of Mariza Bapak Andry. Pak Andry lebih banyak menjelaskan tentang kualitas produk. Bahwa Mariza Foods telah memiliki banyak standar kualitas bahkan untuk level internasional. Dijelaskan Pak Andry  bahwa Mariza telah memiliki sertifikat halal premium dimana audit kehalalan produk ini dilakukan 2 tahun sekali, selain itu Mariza juga memiliki petani binaan di beberapa daerah sehingga kualitas bahan-bahan baku untuk produk Mariza sangat terjaga dari mulai pembibitan, penanaman, pemanenan hingga pengemasan karena Mariza Foods berkomitmen pada kesehatan dan kepuasan konsumen.



Struktur bisnis Mariza Foods :



Mariza Foods :
1.       Manufacturing, terdiri dari Cake Division, Jam Spread, Sauce, Frozen Product, Premix Powder dan Private Label.
2.       Mutisari Langgeng Jaya terdiri dari dua unit, yaitu Export Import dan Local. Unit Export Import sendiri memiliki subdistributors sedang Unit Local  memiliki Branches.

Mariza Foods sendiri memiliki kategori Industry Product seperti :
1.       Topping seperti : Fruit jam, Sauces, Premix, Spread
2.       Cake, Seasoning, dan Syrup




Selain memproduksi produk retail di atas, untuk memperluas usahanya, Mariza Foods membuat brand baru untuk segmen industrial yang bervariasi. 

Setelah puas mencicipi aneka produk Mariza Foods baru tersadar, woow ternyata selama ini keluarga saya banyak menikmati hari bersama produk dari perusahaan makanan yang keren ini. Thank you Mariza Foods.



2 comments:

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^