Monday, November 2, 2015

Membuat Pempek Bareng Asinan Blogger

Membuat pempek bareng Asinan Blogger - Minggu yang lalu, sebenarnya aku nggak berencana ke mana-mana untuk weekend khususnya hari Minggu-nya tanggal 31 Oktober 2015. Tapi begitu di grup whatsapp Asinan Blogger ramai lagi ajakan kumpul buat bikin Pempek bareng, semangat muncul lagi deh dan berniat menyempatkan datang. Udah kangen juga sama teman-teman Asinan Blogger nih.

Akhirnya, sesudah beres-beres rumah sebentar dan menyiapkan keperluan anak-anak yang mau berenang bareng abinya, hari minggu menjelang siang itu aku cus deh berangkat menuju rumah mbak Iwed (Juliana Dewi), teman Asinan Blogger yang sekaligus akan menjadi cheffnya mengajari kita semua grup Asinan Blogger membuat Pempek. Kapan lagi dapat ilmu bikin pempek dari orang Palembang-nya langsung kan. Asyiiik, me time-ku bakal seru nih.

Agak gak enak hati itu saat hadapi macet di jalan raya dekat perumahanku karena sedang ada perbaikan jalan, cemas ketinggalan sessi masak pempeknya gitu meski jarak BNR tempat mbak Iwed tinggal nggak terlalu jauh juga dari rumahku. Alhamdulillah, perjalanan selanjutnya lancar, dan aku nggak terlalu kesulitan mencari lokasi kopdar.

Sudah ada mb Iwed tentu saja sebagai nyonya rumah, mbak Dwina, Melly dan Evrina yang membawa Alfian dan suaminya di sana. Dan satu persatu teman-teman lain pun berdatangan kemudian.
Belum sempat duduk aku sudah ditawari minuman es buah dan pempek serta tekwan buatan mbak Iwed, wah permintaan yang nggak akan pernah sulit ditolak. Jadilah sebagai tamu yang baik aku nunut, meminum sirup yang berisi buah semangka, anggur dan mangga segar serta makan pempek kulit yang enak banget dengan khusyunya.

Penting untuk diingat ya sodara-sodara, acara cooking classnya belum dimulai tapi aku para tamu udah kenyang disuguhi hidangan lezat nan beraneka rupa itu. Permulaan yang baik nih (firasat emak maruk blogger pecinta kuliner Indonesia).

Jadi, hari Minggu kemarin tuh Asinan Blogger akhirnya sukses eksekusi rencana belajar membuat pempek bareng. Bahan-bahannya sudah disediakan mbak nyonya rumah yang baik hati, padahal sebelumnya kita udah siap patungan, bener kan baik hati banget mbak Iwed ^_^.

Setelah hampir semua teman Asinan Blogger yang berencana datang sudah hadir, kami berkumpul mendekat ke meja makan tempat peragaan masak pempek akan dimulai dan siap dengan kamera masing-masing. Bloggers mah memang orangnya begitu, ada event mau mulai tuh yang disiapin kamera dulu, malah peragaannya belum mulai narsisnya udah berkali-kali xixixi.

Nah, singkat kata cara membuat pempek ala mbak Iwed itu begini :

Bahan untuk membuat adonan Pempek Palembang :


  • 1 kg daging ikan tenggiri (untuk mendapat murni 1 kg daging ikan tenggiri tanpa tulang, kulit dan kepalanya kita perlu membeli ikannya seberat 1.5 – 2 kg )
  • 700 gram tepung sagu tani
  • 350 ml air
  • 6 siung bawang putih (setengah gelondong) dihaluskan
  •  3 sendok makan garam
  • 3 sendok makan gula
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Lada halus secukupnya
  • 2 butir telur (1 butir untuk adonan, 1 butir untuk isian pempek kapal selam)


Bahan untuk membuat Cuka Pempek :

  • 1 liter air
  • 1 kg Gula Aren
  • ¾ bagian dari 1 batang Asam Jawa
  • Cabe Rawit secukupnya jika suka pedas
  • Bawang putih 6 gelondong



Cara Membuat Pempek Palembang :


1.       Panaskan air di dalam panci hingga mendidih untuk merebus pempek
2.   Sementara menunggu air mendidih, siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan
3.       Siapkan wadah yang lebih kecil untuk mencampur bahan lainnya
4.       Masukkan ikan tenggiri ke dalam wadah besar
5.       Masukkan 350 ml air, 2 butir telur, bawang putih halus, garam, gula, lada halus, penyedap rasa ke dalam wadah yang lebih kecil lalu aduk hingga tercampur rata.
6.    Masukkan cairan dalam wadah kecil ke dalam wadah besar yang berisi ikan tenggiri, lalu aduk dengan menggunakan spatula atau sendok besar sampai tercampur rata dan adonan menjadi cukup kalis.
7.    Setelah adonan dirasa sudah menyatu dan kalis bentuklah sesuai dengan pempek apa yang akan dibuat. Jika akan membuat pempek kapal selam, maka ambil segenggam adonan di tangan lalu remas dengan lembut membentuk silinder. Lubangi bagian atas silinder itu lalu masukkan kocokan telur ke dalamnya sebagai isian, lalu tutup kembali dan sekaligus bentuk menyerupai kipas.
8.      Gunakan sisa tepung untuk membentuk pempek agar tidak lengket di tangan.
9.    Untuk pempek lenjer tidak perlu menambahkan kocokan telur untuk isian karena pempek ini murni hanya adonan pempeknya saja. Pempek lener biasanya dibentuk sederhana, hanya bentuk silinder bisa dibuat kecil meanjang lalu dipotong-potong, atau dibuat besar.
10. Jika proses pembentukan pempek sudah selesai, masukkan pempek satu persatu ke dalam rebusan air di dalam panci, tunggu hingga pempek mengambang tanda sudah matang lalu tiriskan.
11. Goreng pempek yang sudah ditiriskan ke dalam minyak panas hingga pempek nampak mengembang dan bagian luarnya nampak renyah. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat Cuka Pempek :

Rebus air hingga panas, lalu masukkan gula aren dan asam jawa hingga airnya mendidih. Setelah mendidih masukkan blenderan bawang putih dan cabe halus. Beri garam secukupnya. Setelah cuka dingin saring dan masukkan ke dalam wadah, setelah itu masukkan ke dalam lemari es.


Nah, sekarang kita sudah punya resepnya, bisa bikin sendiri di rumah ya.

Selesai membuat pempek, sambil menunggu digoreng oleh mbak asistennya mbak Iwed di rumah, grup Asinan Blogger diajak ke luar rumah buat foto-foto. Ada banyak spot bagus buat bernarsis ria. Ya, apalah kita tanpa narsis bareng ya (((^_^))). So, ini jadi ajang seseruan lain yang tak terlupakan. Ada pagar rumah orang, manfaatin, ada kolam renang hajar aja. Ada ilalang nganggur, sikaaat. Intinya, kami kalap difoto teman-teman, secara Asinan Blogger jarang ngumpul kayak begini.

Tepat jam 3 sore, sesudah menikmati (lagi) pempek  dan segala macam hidangan kami semua bersiap hendak pulang. Sebagian, seperti Evrina dan mbak Ratna berpamitan duluan karena nampaknya hari akan hujan. Eh, betul aja, nggak sampai 10 menit mereka pergi, hujan lebat tiba-tiba turun dengan derasnya. Ya sudah, kami balik kanan selonjoran lagi di ruang tengah rumah mbak Iwed.  Malah, jadi moment yang romantis sih menurutku karena suasana hujan, dan mbak Iwed menawarkan kopi dan teh panas, so jadilah kopdar Asinan Blogger tambah manis dengan tambahan bincang-bincang ala di kafe-kafe hehe.

Hmm, sepertinya semua merasakan hal yang sama, kopdar buat kita tambah dekat. Semoga Asinan Blogger selalu kompak ya dan semoga suatu hari bisa lebih banyak berbuat untuk orang banyak. Aamiiin.


#AsinanBlogger
#CookingClass
#Bogor

Belum kumpul semua
. Evrina Budiastuti

Posisi menentukan prestasi (motto anak SD)
Doc. Evrina Budiastuti)


Doc. Ratna Amalia

Doc. Ratna Amalia

Doc. Ratna Amalia

Doc. Ratna Amalia


44 comments:

  1. Jadi pengen. Lama nih nggak makan empek-empek. Makasih sharingnya mba Winny

    ReplyDelete
  2. wah kalau aku sih pinginnya makannya saja deh daripada bikinnya

    ReplyDelete
  3. Wah chefnya cantik2
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ndak ada yang gantengnya ya Pakde hehe
      Salam hangat juga dari Bogor

      Delete
  4. Telurnya satu saja ,say..untuk satu resep pempek. Yg 2 telur kemarin itu aku kocok buat isian pempek telur :-)

    ReplyDelete
  5. pengennn bikinnn...tapi takut nggak jadi...*iketin kepala nyoba

    ReplyDelete
  6. Wah, asinan blogger seruuuu ya, ngumpul sambil belajar pempek

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. kompak banget ya asinan bogor..salut deh ama kalian semua mak...

    ReplyDelete
  9. Kali ini gagal ikutan, next time harus berhasil!!! aaahhh envyyyyyyy

    ReplyDelete
  10. asyik ya mbak bikin pempek bareng, jadi bisa praktek dong di rumah trus kirim ke bekasi hehehe ada maunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe maunya saya juga kalo deket teh ^_^

      Delete
  11. Minggu besok aku mau praktek bikin pempek ah :D

    ReplyDelete
  12. keren semua. Aku catet deh resepnya. Mau dicoba.... :D

    ReplyDelete
  13. wah..padahal pengen liat mpek2 matengnya..he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya nih belom sempet upload fotonya masih di galery, udah keburu publish

      Delete
  14. asyik sekali ya, bisa kumpul dan belajar bareng lalu sama sama ditulis di blog lalu jadi kepingin bukin pempek yang baca..heheee. Salam baut asinan bogor Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali mbak Astin sayang. Makasih yaa

      Delete
  15. Cieee, sudah tayang, anak rajin
    Btw, pekmpeknya kumaha? sudah jadi praktek belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belooom hehe, insya Allah minggu depan mbak

      Delete
  16. aaahhhh seruuuu nian ngumpulnya, syg aq gak ada :(

    ReplyDelete
  17. nyontek nyontek nyontek resepnyaa *murid terlambat datang*

    ReplyDelete
  18. Aku suka mpek-mpek. Tapi suka makannya aja. Kalau bikin kayaknya susah bangeet yaa.Gak telaten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata gak susah koq mbak Nunung kalo dipraktekin

      Delete
  19. Asyiiiiik dapat resep baru....bisa dicopas nih....

    ReplyDelete
  20. Ini tulisan lengkap banget yak... reportase plus resep. Kapan2 mau coba buat di rumah ahh.. makasih mbak Winny cantik atas resepnya... mupeng kumpul sama Asinan Blogger ihh...

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^