Monday, October 12, 2015

Menangkap Peluang dengan Kartu Nama



Menangkap peluang dengan kartu nama - Sekarang, seiring dengan berkembangnya dunia usaha, setiap orang baik para pelaku UMKM sampai yang berkecimpung industri-industri besar rata-rata memiliki kartu nama. Kartu nama diperlukan sebenarnya untuk alasan sederhana, ialah sebagai identitas diri/perusahaan agar produsen yang menjual jasa ataupun barang mudah dicari, gampang dihubungi oleh pihak yang membutuhkannya.

Meskipun sekarang branding maupun promoting bisa dilakukan secara online (misanya di media sosial), tapi kartu nama tetap diperlukan di dunia offline. Misalnya kita punya usaha jualan kue kering atau accesories baju/hijab, saat menggelar barang dagangan di lapak (baik milik sendiri, sewa ataupun menitipkannya di lapak orang) akan lebih mantap lagi jika kita meletakkan juga kartu nama di sana atau disertakan pada setiap item dagangan kita, sehingga pembeli mudah menghubungi kita kembali jika ia menginginkan produk-produk kita lainnya. Bisa dibilang, ini longterm engagement dengan para pembeli kita.

Atau saat kita bertemu orang pada kesempatan-kesempatan lain di luar jam kerja kita semacam arisan, gathering dengan komunitas, event launching buku atau produk-produk apa saja, reuni teman almamater sekolah dll, di sela-sela waktu kita bisa memebri ataupun bertukaran kartu nama.

Di dunia blogger dan jurnalis, kartu nama kadang punya fungsi yang lain, misalnya ketika mereka mendapat undangan dari agency, selain mengisi buku tamu para blogger dan jurnalis biasanya meletakkan kartu namanya di meja penerima tamu sebagai bentuk lain dari absensi. Pada beberapa kesempatan seringkali kartu nama ini berguna untuk pembagian doorprize. Panitia hanya tinggal mengambil secara acak salah satu atau beberapa kartu nama dari undangan yang hadir dan menyebutkan pemenang doorprizenya.

Kartu nama juga bisa berfungsi untuk memberikan kesan yang baik pada usaha kita, terutama pada sisi profesionalitas. Di dalam kartu nama, selain tercantum nama kita/perusahaan biasanya tertulis juga alamat kantor, alamat web/blog, alamat email, nomor HP/telepon, dan akun sosmed (fanspage facebook, twitter, instagram). Dan karena fungsinya yang penting untuk keperluan informasi data, maka desain kartu namapun penting untuk dibuat sedemikian rupa agar mudah dibaca dan dimengerti oleh mitra bisnis kita. Biasanya desain kartu nama yang profesional bercorak dan berwarna simple, yang penting seluruh data yang penting dishare tercetak dengan baik dan jelas.

Saya sendiri mulai mengikuti trend berkartu nama ini belum lama, untuk menunjang aktivitas ngeblog saya. Selain untuk kepeluan seperti yang telah disebutkan di atas, pada beberapa kesempatan saya jadi bisa menjalin koneksi pada teman-teman baik teman blogger maupun agency dengan saling bertukar kartu nama. Terkadang, hal tak terduga bisa saja terjadi, semisal seorang teman yang baru saya kenal pada sebuah event launching produk tertentu beberapa waktu yang lalu tiba-tiba menghubungi saya untuk menjalin sebuah kerjasama baru, padahal dalam rentang waktu sebelumnya kami sudah lama tak saling kontak. Di situ saya merasa beruntung pernah bertukar kartu nama dengan teman saya itu., ternyata ada banyak peluang yang menghasilkan hanya dari sebuah kartu nama.

Untuk membuat kartu nama di era digital sekarang sama sekali tak sulit, di web Praktisprint dot com misalnya kita ditawarkan layanan cetak kartu nama secara cepat dan praktis dengan kualitas terbaik, harga murah, hanya 5 menit waktu pemesanan, dan langsung diproses setelah kita melakukan pemesanan.

Cara pemesanan pembuatan kartu nama di praktisprint simple saja, tinggal membuka webnya di www.praktisprint.com, maka  kita tinggal mengikuti step-stepnya dari mulai memilih desain, membuat sendiri desain di editing pagenya, hingga metode pembayaran dan pemilihan  jasa pengiriman barangnya (ada konfirmasi via email tentang soal pembayaran ini).  Tapi jika kita ingin menggunakan desain kartu nama sendiri juga bisa, kita tinggal mengirim file desain kita itu via email dan mereka akan membuatkan kartu namanya sesuai permintaan. Just, that simple.

Oya, Praktisprint dot com juga memproduksi item lainnya lho seperti brosur, stiker, kop surat, roll banner, tas promosi, dan banner spanduk.

So, mari menangkap peluang dengan kartu nama. Yuk ....




Kartu namaku.
Terima kasih Praktisprint

Maaf, sebagian cetakannya diblur










5 comments:

  1. ouwooo..keren banget mak kartu namamu..aku belum punya kartu nama nih....

    ReplyDelete
  2. kalo udah jadi businesman boleh juga nie punya kartu nama :)

    ReplyDelete
  3. Sudah lama pengen juga punya kartu nama blogger tapi sampai sekarang belum terwujud hehehe

    ReplyDelete
  4. kartu namanya cakeeeeeeeep unguuukkk

    ReplyDelete
  5. Punya kartu nama emang penting ,selain memiliki website/blog pribadi. :D apalagi buat para pegawai...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^