Tuesday, September 1, 2015

Menjaring Asa di Portal Kerajinan Indonesia

Menjaring asa di portal kerajinan Indonesia


Tujuh Puluh Tahun Indonesia


Indonesia, negeri yang kita cinta dengan rentang setiap batas yang begitu luas dan panjangnya serta seisi tanah dan airnya yang berlimpahan sumber daya hingga orang-orang menyebutnya negeri yang kaya, telah berabad-abad dengan setia membaktikan keberadaannya untuk manusia-manusia yang berhidup di atasnya dan mengaku sebagai pemiliknya. Kini di usia ke-70 tahunnya sebagai Negara Republik Indonesia sudah seberapa besarkah kita memuliakannya ?

Sebagai bangsa yang lahir, dibesarkan, berhidup dan mungkin akan berpulang di dalamnya, kita acapkali lupa ternyata lebih banyak menuntut dan mengeksploitasinya. Ibu pertiwi kerap dibuat menangis dengan segala kerakusan kita yang tak henti menjarah perhiasan alamnya tanpa ingat harus melestarikannya untuk anak cucu nantinya. Lupa, bahwa kita tak hanya hidup untuk hari ini saja.
Teringat pada ucapan seseorang yang mengatakan bahwa kekayaan sesungguhnya bangsa kita bukan pada berlimpahan sumber daya alamnya. Kekayaan hakiki kita sebenarnya adalah pada manusia-manusianya.

Apalah arti bergelimang minyak bumi, bahan tambang, cahaya matahari, cuaca tropis sepanjang waktu, hutan-hutan, gunung-gunung, sawah-sawah, rempah-rempah, aneka sayuran dan buah jika semuanya diserahkan pada bangsa yang tak pandai bersyukur, pada mereka yang tak jujur, pada mereka yang malas & buruk mengelola, pada mereka yang tak amanah, pada mereka yang korup, pada mereka yang tak menyayangi yang papa dan lemah ?

Tapi, bersyukur kepada Tuhan, kita adalah bangsa yang meskipun tak sempurna tapi memiliki lebih banyak warga negara yang tulus, optimis, kreatif, penuh inovasi. Di tengah guncangan apapun semangat mereka tak pernah surut, tekadnya terus tegak beriringan dengan segenap upayanya dalam berbagai bentuk. Roda-roda ekonomi dari sejak hulu terjauh di desa-desa terpencil hingga hilir terdekat di kota-kota besar terus dikayuh agar bisa terus berjalan mencapai tujuan suci sehingga kita bisa menjadi  negri yang adil dan makmur.

Kadangkala situasi politik tak berfihak kepada mereka, namun hal ini tak pernah sampai benar-benar menghancur leburkan cita-cita dan keberadaannya. Dari sejak kurun penjajahan fisik bangsa-bangsa dari Eropa hingga hari ini, dengan perkenan Tuhan jentera perdagangan masih berjalan. Dan ini karena jasa mereka-mereka yang salah satunya dari kalangan para petarung di bidang perniagaan, Di antara para petarung itu adalah mereka saudara kita para pengrajin Indonesia.


Situs Kerajinan Indonesia


Dari masa ke masa, Indonesia tak pernah kehabisan pengrajin seni. Para seniman yang bermahakarya dalam segala bentuknya disebabkan alam kita kaya oleh sumber daya. Di manapun di belahan bumi Nusantara ini kita tak sulit menemukan orang-orang yang terampil membuat berbagai benda accesories ataupun perabotan rumah tangga yang bisa terbuat dari bahan apapun mulai kayu,besi, tembaga, perunggu, emas, kain, kulit kayu, serat pohon, bambu, rotan, lilin, kulit telur, keramik, tanah liat dan sebaginya. Dan banyak daerah di tanah air kita dikenal oleh orang-orang mancanegara sebagai negeri yang elok dan bangsa yang bernilai seni tinggi.

Beberapa di antaranya misalnya seperti penghasil kerajinan wayang kulit dari Yogyakarta, Surakarta, Kedu, Bali dan kota-kota di Jawa Timur. Kerajinan wayang golek dari Bandung, Yogyakarta dan wilayah-wilayah di Jawa Tengah. Kerajinan ukiran kayu yang menghasilkan benda-benda ukir berupa accesories dan perabotan rumah tangga di Jepara, Bali, Madura, dan Papua.kerajinan seni batik di Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Purwakarta, Lasem, Cirebon, Palembang, Garut, Madura dan Bali. Kerajinan anyaman yang berupa bilah bambu, rotan, kayu, eceng gondok kering, dll dari Tangerang, Kedu, Kudus, Tasikmalaya dan Bali. Kerajinan perak di Kota Gede Yogyakarta dan daerah lainnya. Kini, dalam beberapa tahun terakhir ini kerajinan Batu Akikpun mulai digandrungi tak hanya oleh para pecintanya di dalam negeri melainkan juga luar negeri.

Namun dinamika kompetisi bisnis dunia yang semakin berkembang, ditambah dengan masuknya kita ke gerbang perdagangan bebas antar negara-negara di wilayah Asean di mana Indonesia menjadi bagian di dalamnya (Masyarakat Ekonomi ASEAN / MEA atau ASEAN Economic Community / AEC ) maka para pengusaha kerajinan khususnya tak bisa tidak harus memiliki kesiapan tinggi untuk menghadapinya.

Bersyukur, kini telah hadir Kerajinan Indonesia sebuah situs portal pertama di Indonesia yang secara khusus bergerak dalam pempublikasian hasil kerajinan di seluruh Indonesia. Situs Kerajinan Indonesia ini bernaung di bawah PT. Alur Cipta Tama dengan brand Alurkia.com yang memberikan layanan bagi seluruh pengrajin maupun pengusaha kerajinan di Indonesia untuk menampilkan hasil karyanya secara gratis.


Tampilan beranda portal Kerajinan Indonesia versi mobile 

Tampilan menu situs Kerajinan Indonesia, anda dapat klik bagian mana saja yang ingin anda ketahui

Kategori produk kerajinan yang dijual lengkap beserta data detail dan harganya

Situs Kerajinan Indonesia juga menyediakan laman artikel yang memuat informasi seputar kerajinan Indonesia

 Dalam publikasinya, pengelola situs Kerajinan Indonesia menjamin semua produk di situsnya adalah asli buatan pengrajin Indonesia yang telah melalui proses seleksi untuk menghadirkan produk terbaik demi kepuasan konsumen.

Situs Kerajinan Indonesia hadir untuk membantu para pengrajin dan pengusaha kerajinan di seluruh Indonesia dalam memasarkan produknya kepada masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Portal ini sama sekali tidak menarik pembayaran kepada anggotanya sehingga dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya secara terus menerus kecuali jika anggota ingin meningkatkan status keanggotaannya menjadi premium dengan fasilitas layanan yang lebih banyak.

Kerajinan Indonesia ingin mengajak seluruh pengrajin dan pengusaha kerajinan untuk berpartisipasi dalam memajukan industri kerajinan dengan segala improvisasi dan inovasinya serta membantu mengembangkan produknya agar sampai dikenal oleh mancanegara. Situs Kerajinan Indonesia juga secara berkala akan membuat event-event yang terjadwal setiap tahunnya degan mengikut sertakan seluruh pengrajin dan pengusaha Indonesia.


Alasan Perlunya Bergabung Dengan Kerajinan Indonesia


Sebagai negara dengan luas wilayah yang begitu luas dimana sebagiannya tersebar berupa pulau-pulau kecil dan jumlah penduduk yang begitu besar, tentu persaingan dunia usaha di dalam negeri saja sudah cukup berat. Dengan semakin berkembangnya sistem bisnis kerajinan, maka pengrajin maupun pengusaha kerajinan membutuhkan teknik pemasaran yang lebih baik. Karenanya, situs Kerajinan Indonesia kini hadir untuk membantu mengenalkan dan memasarkan produk-produk kerajinan Indonesia ke seluruh penjuru dunia karena situs ini dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun dengan mudah melalui jasa teknologi internet.

Situs Kerajinan Indonesia mengundang seluruh pengrajin dan pengusaha kerajinan Indonesia untuk memasukkan produknya ke dalam ettalase situs Kerajinan Indonesia secara cuma-cuma tanpa pungutan biaya apapun. Pengelola situs ini juga akan memberikan edukasi secara gratis tentang bagaimana mengemas produk menjadi produk yang elegan dan menarik. Pengelola juga secara rutin akan mengunjungi lokasi-lokasi kerjinan baik tradisional maupun modern Indonesia untuk memberikan pelatihan yang dipelukan para pengrajin maupun pengusaha kerajinan Indonesia.


Hak Pribadi Pengguna


Sebagai situs yang profesional, Kerajinan Indonesia berkomitmen untuk melindungi dan menghormati hak-hak pribadi pengguna yang meliputi seluruh data pribadi pengguna. Namun sebaliknya, dengan mengakses dan menggunakan layanan Kerajinan Indonesia, pengguna diharapkan dan dianggap telah membaca dan memahami serta memberikan persetujuan kepada pihak Kerajinan Indonesia dalam menggunakan data pribadinya. Mengenai apa saja informasi dan data yang diperlukan oleh Kerajinan Indonesia dari pengguna telah dijelaskan di situsnya.


Cara Bergabung dengan Kerajinan Indonesia


Cara bergabung dengan Kerajinan Indonesia mudah saja, kunjungi webnya di www.kerajinan.id lalu klik tombol Daftar, maka akan muncul permintaan untuk mengisi formulir pendaftaran dengan email dan password. Selain mendaftar langung di situsnya anda juga dapat mendaftar dengan menggunakan akun facebook / twitter ataupun google.

Jika telah selesai melakukan pendaftaran, segera cek email untuk mendapatkan verifikasi pendafarannya sekaligus mengaktifkan keanggotaan di web. Setelah itu anda akan masuk ke halaman profil dan diminta untuk mengisinya sesuai data pribadi anda dengan benar .

Laman pendaftaran pengguna baru
Jika sudah mendaftar, sewaktu-waktu anda perlukan anda tinggal log in




Cara Memasang Iklan


Jika anda ingin memasang iklan, klik tombol Pasang Iklan di sebelah kanan atas profil anda sehingga anda akan masuk ke halaman ini :

Isi nama produk/barang , kategorinya, harganya dalam rupiah, dan cenang kotak “Harga Bisa Nego” jika harga produk anda masih bisa ditawar oleh calon pembeli. Isilah deskripsi produk dengan sejelas-jelasnya agar memudahkan calon pembeli untuk memahami dan memutuskan membeli/tidak produk anda. Lalu pilih kota di mana posisi produk yang anda jual berada. Kemudian anda bisa memasukkannya ke dalam link website bisnis.

Kemudian masukkan gambar produk melalui tombol unggah dengan tulisan “Browse” maksimal 6 (enam) buah gambar, hindari memajang gambar kurang dari 3 (tiga). Selanjutnya klik tombol Submit untuk mengunggah semua produk anda.

Isi format pasang iklan produk anda



Verifikasi Produk


Setelah anda selesai memasukkan iklan produk anda, ia akan diverifikasi terlebih dahulu oleh admin situs Kerajinan Indonesia sebagai bagian dari layanan untuk menjaga kualitas iklan produk anda.


Kontak


Situs Kerajinan Indonesia sebuah portal yang berkantor di Jl. Perkebunan IV no. 4 Pondok Bambu – Duren Sawit , Jakarta Timur 13430. Untuk dapat lebih mengenal situs ini lebih dalam anda dapat mengunjungi websitenya serta email, akun sosial media dan contact person di bawah ini :

  • Email : infokerani@gmail.com
  • Facebook : Bisnis Kerajinan Indonesia
  • Twiter : @KerajinanID
  • HP / WA : 08151803157
  • PIN BB : 59433483



Semoga kehadiran situs portal Kerajinan Indonesia dapat memberikan sebesar-besar manfaat bagi industri kerajinan Indonesia yang lebih maju dan mensejahterakan ya. Aamiin.

10 comments:

  1. Terima kasih atas tulisannya mbak.. Sangat membantu. Apresiasi tinggi untuk mbak Winny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih Info Kerani, moga tulisan sederhana ini bisa membantu para pengrajin kita ya

      Delete
  2. aku baru tau ada yg beginian mbak win..makasih sharenya :)

    ReplyDelete
  3. wah saya baru tau kalo kerajinan idonesia juga ada situsnya, kerjinannya banyak juga lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mas, kerajinan dari seluruh Indonesia

      Delete
  4. Wah aku juga baru tahu lo ada situs ini..macem2 kerajinan dari berrbagai daerah ada disini kah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam-macam ada mbak Muna, bisa diklik di situsnya ada beberapa kategori kerajinan di sana

      Delete
  5. ada toh ya...aku pengen bikin kerajinan..kerajinan apa ya --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerajinan infografik lah mama Raffi mah pinteeer

      Delete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^