Tuesday, September 8, 2015

Beras Maknyuss : Buat Nasi Liwet Makin Maknyuss

Beras Maknyuss membuat nasi liwet makin maknyuss : Itu memang benar adanya. Kemarin saya mencoba membuat nasi liwet pesanan Rahma untuk bekal makan siangnya di sekolah, sudah kangen nasi liwet dia rupanya hehe. Agak-agak ragu juga mau ngeliwet pake beras baru, takut salah takaran airnya. Tapi alhamdulillah, ternyata semua baik-baik saja, bahkan nasi liwet Beras Maknyuss terasa lebih enak di lidah karena rasa pulen dan harumnya, padahal dari tagline yang tercantum di kemasannya beras Maknyuss nyata-nyata tanpa pewangi, bahkan tanpa pemutih dan tanpa pengawet juga.


Beras Maknyuss ukuran 5 kg



Yup, makanan yang aman dari bahan-bahan kimia memang salah satu syarat makanan sehat, dan beras adalah jenis makanan pertama dan utama yang harus memenuhi syarat itu karena dia dikonsumsi setiap hari oleh keluarga di Indonesia kan, termasuk keluargaku juga.

Biasanya, untuk konsumsi keluarga, kami menggunakan beras hasil panen sawah milik orang tua dari kampung yang insya Allah terjamin kemurniannya, tanpa campuran apapun termasuk campuran bahan-bahan berbahaya. Tapi, beras dari kampung tak selalu tersedia setiap waktu, ada saatnya belum usai sebulan persediaan beras di rumah sudah habis. Nah, kalau sudah begitu saya biasa membelinya dari toko grosir beras dekat rumah saja. 

Masalahnya, membeli beras jaman sekarang harus hati-hati ya, sejak beredarnya issue beras berpemutih saya agak was-was juga, sampai ngelus dada koq ada sih penjual beras yang kepikiran masukkin zat pemutih ke beras jualannya. Jujur, soal beras saya nggak pernah menuntut beras itu harus putih seputih-putihnya kayak seragam dokter #eh. Yang penting dia bersih sudah cukup. Mungkin bagi sebagian orang, warna beras yang sangat putih itu penting, dan mungkin itu juga sebabnya yang membuat beberapa oknum penjual beras memasukkan bahan pemutih ke dalam beras dagangannya. Atau bisa jadi juga, untuk menutupi kualitas beras mereka yang kurang baik akhirnya mereka menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya termasuk si pemutiih baju ini. Serem ya. 

Sejak suka beli beras di warung ataupun toko, saya berusaha mencermati beras dari tampilannya, apakah dia bening tanpa warna kekuningan, tak ada kutu dan kerikil-kerikil. Dari aromanya juga, beras yang baru dan baik tidak akan berbau apek. Kemudian teksturnya, beras yang baik biasanya memiliki tekstur yang kuat, tidak mudah patah. Periksa juga beras dengan meremasnya di genggaman, apakah dia kering atau licin. Beras yang bermutu baik akan terasa kering di tangan, tidak lengket maupun licin.

Ribet ? ya gapapa ribet sedikit, untuk makanan keluarga kita harus pasang high quality standard kan. Demi kesehatan orang-orang yang kita sayang, memang harus mau serius memilih dan memilah, apalagi di jaman di mana penyakit-penyakit berat bermunculan gara-gara makanan, tak cuma karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya saja tapi juga karena proses pengolahan yang salah sejak awal.

Nah yang menarik dari Beras Maknyuss ini karena ia menawarkan banyak kebaikan beras, selain bebas pemutih, bebas pengawet dan bebas pewangi, ia juga pulen dan bergizi. Terbukti dari hasil masakan nasi liwetku, setelah mencuci berasnya dan menambahkan air ke dalamnya, lalu saya masukkan tumisan bawang merah dan putih, cabe merah, lengkuas, sedikit minyak dan daun salam serta serai plus yang terpenting ikan teri medan dan potongan jambal roti, hasilnya nasi liwet saya matang sempurna dan lezat rasanya sampai Rahma tak rela meninggalkan sebutirpun nasi di kotak makanannya.

Nasi Liwet sudah matang ...yippiiie

Makan yuk .... 


Nah, buat teman-teman yang ingin merasakan nasi yang enak dan sedap, cobain deh berasnya pake Beras Maknyuss, ditanggung nasi di rice cookernya nggak akan bersisa, tandas setandas-tandasnya. 


Add caption

Claim :


Beras Maknyuss adalah beras varietas IR64 berstandar ISO dan SNI yang telah diproses dengan teknologi tinggi sehingga :

  1. Tidak memerlukan pemutih karena telah diproses dengan teknologi modern untuk menghasilkan beras yang berwarna putih alami.
  2. Tidak memerlukan pengawet karena beras telah melalui proses pengeringan yang optimal.
  3. Tidak memerlukan pewangi karena langsung dikemas setelah melalui proses sebelumnya.

Beras Maknyuss saat ini bisa diperoleh di pasar-pasar tradisional, toko beras, toko kelontong, mini market, supermarket, dan modern outlet seperti : Carrefour, Hypermart, Foodmart, Lotte Mart, Lotte Wholesale, Giant, Hero, Ranch Market, Farmers, Lion Superindo, Diamond, Tip Top, Naga, Alfamart dan AEON.

9 comments:

  1. huwaaa..baru tau nama berasnya..enak nih sptnya bakalan pulen ntr nasinya... :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka bikin nasi liwet. Dan emang beras yg bagus mempengaruhi juga loh hasil dr masakan kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berasnya bagus, cuma nasi anget pake garam aja enak ya mak :-D

      Delete
  3. Wah jadi penasaran sama rasa berasnya Mbak.. Membayangkan beras yang punel dan harum jadi laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh mas Dani ... dijamin nambah hehe

      Delete
  4. Ya Allah nikmat dunia ki nasi liwet. Harum dan enak banget pastinya huhuhuhu. Aku pengin coba resepnya juga ah, Win. Eh, apa aku bikin nasi kebuli aja ya nanti hihihi.

    ReplyDelete
  5. nyam nyammmm
    iyaaa aku juga seringnya pake mejikom aja kalo bikin
    enak ya kalo berase apik nasinya enakkk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^