Friday, August 7, 2015

Ubah Tata Letak Furniture Rumah Atasi Kejenuhan

Ubah tata letak furniture rumah at as I kejenuhan - Sebetulnya, kalau dibilang pembosan sih saya nggak. Malah, kadang saya mikir apa saya pernah merasa jenuh bertahun-tahun banyak beraktivitas di rumah dan sekitarnya saja sebagai full housewife. 

Pertanyaan seperti itu muncul saat ada seorang kawan yang baru resign dari pekerjaan di kantornya dan memutuskan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya karena pertimbangan anak. Dia mengalami masa-masa transisi yang tampaknya cukup berat karena terbiasa dengan jadwal kantor yang padat, tiba-tiba harus ada di rumah mengurus keperluan keluarga seharian semalaman, tujuh hari dalam seminggu, tiga puluh hari dalam sebulan. Isi status bbm nya berubah, hanya berisi kejenuhan.

Selama ini saya sendiri merasa enjoy aja bahkan kalaupun ada waktu luang saya lebih betah di rumah dibanding mencari hiburan di luaran. Sedangkan kegiatan di luar yang bisa dibilang "me time" pun sangat jarang. Padahal, sebelum menikah saya juga sempat bekerja dengan jadwal yang sungguh padat.

Bicara kejenuhan, mungkin ini hanya masalah berlalunya waktumu tanpa hal-hal yang disukai. Andai selama itu banyak hal seru yang bisa dilakukan, apalagi dengan hasil yang memuaskan, pastinya tak perlu ada lagi perasaan jenuh ini.

Saya sendiri di rumah, tanpa sengaja menemukan hobi yang menyenangkan jika mulai merasa bosan. Salah satunya adalah mengubah layout furniture rumah. Sejak rumah di Bandung dengan luas bangunan dan tanah masih terbatas saya sudah senang merancang dan otak-atik layout furniture demi menghadirkan rasa nyaman untuk keluarga. Dari sana saya memahami pepatah ini : 

"Keterbatasan, biasanya mendatangkan inovasi dan kreativitas"

Lho, ini betul ternyata. Biarpun rumah kami dulu bisa dibilang mungil (maklum ya rumah pengantin baru *grin ) tapi saya oke-oke aja nggak pernah merasa jenuh tinggal di rumah seharian semalaman. Yang penting soal rumah itu, asal dia selalu dibuat bersih dan rapi sudah cukup (kata Mama saya), apalagi dengan tata ruang dan tata letak furniture yang pas, itu mesti lebih amazing lagi. 

Kebetulan saya pun penyuka tanaman, selain di luar rumah, saya juga "menarik" mereka ke dalam. Meletakkan tanaman yang kuat tanpa sinar matahari berhari-hari di sana sini membuat rumah saya juga jadi nampak lebih asri. 

Tapi sekarang, karena faktor kerepotan saya lebih memilih bunga-bunga artivisial untuk diletakkan di dalam rumah. Selain tak repot mengurusnya (harus dipindah-pindah seminggu sekali ke luar untuk bermandi matahari dan disiram air), bunga-bunga plastik juga lebih awet cantik, kelopaknya yang indah nggak pernah gugur dan melayu hehe.

Nah, kemarin ini saat rumah sedang sepi, anak-anak sekolah dan suami masih di kantor, keinginan salin tata letak furniture rumah kumat lagi. Tiba-tiba saya memperhatikan lemari TV saya, satu-satunya benda "antik" yang dipikir-pikir belum pernah "kena gusur" sejak kami pindah ke rumah Bogor ini. Letaknya dari dulu di situ terus, menyaksikan sodara-sodaranya yang lain sudah berkali-kali kena razia penggusuran sana sini oleh si empunya rumah. 

"Nah, ini saatnya giliranmu sob" pikirku. 

Dan saya mulai celingak celinguk cari-cari perkiraan posisi yang pas untuk si lemari TV. 

Dari sejak pindah lemari TV jadul ini nggak pernah ke mana-mana, di situ aja. 


Akhirnya, dengan semangat perang Diponegoro, biarpun sedang sendirian di rumah dan badan yang kecil, saya bertekad memindahkan lemari TV dari satu bidang dinding ke bidang dinding yang lain. Sebetulnya hal yang pernah direncanakan, tapi nggak tahu kenapa baru sekarang ingin diwujudkan.

Dannnn yessss, alhamdulillah akhirnya saya berhasil memindahkan si lemari TV ini dengan suksesnya. Lengkap dengan sapu sana sapu sini, pel lantai sana pel lantai sini plus menata beberapa pernik sebagai pemanis. Jangan tanya gimana cara mindahinnya ya, yang pasti ngos-ngosan boo' dan kayaknya tangan bakal nambah berotot sekian mili hihihi.

Tapi, biarpun badan rempong lihat hasilnya hati rasa puas. Lumayanlah, beda banget suasananya dari biasanya. Dan akan terus dipercantik lagi tentunya kalau ada waktu. Penambahan acessory bunga atau foto-foto berpigura mungkin bisa menambah elok lagi ruang keluarga kami. 

Tadaaa sekarang lemari TV dan sofa ruang keluarga sudah berganti posisi
Kalau nanti-nati bosan lagi bisa tinggal ganti-ganti  karpet aja dengan motif dan warna lain. Praktis kan ;-)



Nah itu sedikit tips dan trik saya dalam menghadapi rasa bosan di rumah. Mudah kan ?. Boleh anda coba dengan gaya yang pastinya lebih oke dan hasil yang lebih memuaskan. So, selamat berkreasi. 

34 comments:

  1. Memang jadi lebih beda ya mak kalo di ubah begitu tata letaknya.. jadi tambah fresh...heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yuni, menurutku juga begitu. Makanya aku seneng ganti-ganti layout furniture rumah

      Delete
  2. Saya juga ingin mengubah tatanan barang di rumah
    Rasanya sudah lama nggak otak-atik
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo pakde ganti lagi tatanan barang di rumahnya nanti kalo udah make over posting yaa.

      Delete
  3. Itu waktu saya kuliah sering ubah2 letak barang2 di kamar kos. Sekarang karna kontrakan lahannya terbatas, jadi ga bisa lagi. Btw pake karpet yg merah aja Teh... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang ya mak Riski, tapi mudah2an keterbatasan lahan bisa hikin penghuninya lebih kreatif buat kos-kosan jadi lebih nyaman. :-)

      Delete
  4. aku dulu pertama resign juga gitu..bengong aja bingung mo apa..temennya mbak winny diajakin beberes rumah, tata ulang furnitur terus dikenalin deh sama blog hehee.. dijamin ga bosen lagi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya diajak ngeblog juga bakal nggak jenuh ya mbak Muna. Apalagi diajak jalan-jalan ama momtraveller wah makin mantap tuh ;-)

      Delete
  5. Kayak suamiku nih. Hobinya pindah-pindah letak furniture tiap dua bulan sekali. KAtanya sih biar nggak bosen mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak dong mak suaminya seneng pindah-pindah furniture, ada relawan interior penuh cinta di rumah ya hehe

      Delete
  6. Jadi keliatan lapang setelah dirombak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak Tiwi, saya maunya rumah agak lapang karena penghuninya banyak dan ada yg masih kecil, biar bisa agak bebas mainnya. :-)

      Delete
  7. di rumah yang suka otak atik gini bapak mertua, tapi jadi kerja bakti serumah deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe gak enak ya kalo liat mertua kerja sendiri mas

      Delete
  8. Teteh juga hobby pisan gusar-geser perabotan hehe...

    Malah ganti cat teteh mah kalau sudah bosen, ajak suami ke toko bangunan, milih cat yg baru bareng yg gadis2, trs nge-cat sendiri, suami mah cuma liatin dan geleng2 kepala lihat istrinya jd tukang Cat hihi

    ReplyDelete
  9. Asyiiik samaan hobinya. Keren ih teh ngecat rumah sendiri, kalo saya masih sebatas tempel2 wall sticker atau wallpaper aja teh. Pokoknya riweuh sendiri aja banyak maunya xixixi

    ReplyDelete
  10. andai mindahin furniture semudah memindahkan lahan di farmville :D
    jadi lebih enak dilihat ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya ya mak tinggal geser2 mouse sama klik klik aja enak beneer.

      Delete
  11. Saya suka karpet warna merahnya Mak. Bikin ruangan fresh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah udah dua komentar yang suka karpet merah. Okee saya pake yg karpet merah aja. Makasiih ya mbak

      Delete
  12. saya termasuk yang males mindah-mindahin perabot :)) lebih suka ganti asesoris.. tapi itu pun ga sering-sering banget.. hehehhe

    iya mak.. saya sepakat pake karpet merah, lebih cerah jadinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya mak Pipit, kalo udah ada maunya biar perabot beratnya kayak apa pasti diusahain. Tapi memang gak sering juga mak, bisa jadi binaragawati ntar aku ya xixixi

      Delete
  13. aku suka rubah-rubah letak furniture mbak, jadi lebih seger krn beda suasana

    ReplyDelete
  14. wah dengan sentuhan mba Winny ruangan rumahnya tampak beda ya...sekaligus bisa mengusir rasa bosan di rumah. Good tips mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih apresiasinya ya mbak Christanty :-)

      Delete
  15. bener loh mak, sekarang aku gi jenuh juga di rumah yang gitu2 aja..
    dah rumahnya minimalis (alias rss) bingung di pindah2in kmanaaa :v

    wuiih sentuhan tangan mak winny bikin bedaa tuh, skalian donk di rumahku mak wkwkkw

    ReplyDelete
  16. RSS tuh Rumah Segitu-Segitu aja ya teh Nchie ahahaha.
    Rumah teh Nchie tuh di manaaa ?, boleh atuh teh mau saya beresin rumahnya ? Tapi mahal gapapa ? Hihihi

    ReplyDelete
  17. Iya benerrrrr... suasananya jadi berbeda dan terkesan lebih luas.. fresh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sepertinya begitu mb Ade biar agak legaan dikit viewnya ya

      Delete
  18. Iya aku juga suka gitu, cara yang murah untuk mendapatkan suasana baru di rumah ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul mak, nggak harus beli furniture baru buat ganti suasana di rumah ya

      Delete
  19. Akhir2 ini aku jg lg seneng pindah2 isi rmh, mba Winny. Haha... Suka smpe stress kepikiran klo liat dinsing atau sudut kosong, pingin ri dekor ditambah ini itu. Apa lah daya duit blm cukup buqt beli perabot. Sementara pindah2 aja dlu ganti suasana deh yes

    ReplyDelete
  20. Aku masih tinggal sama ortu ini, mak. Pengennya sih pindahin barang-barang tp.. takutnya ortu kaget jantungan barang-barangnya dipindahin :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^