Sunday, July 19, 2015

Tips Ngeblog di Perjalanan

Tips ngeblog di perjalanan - Di sepertiga akhir bulan Ramadhan yang lalu, saya mengikuti tantangan blogpost selama 15 hari berturut-turut di sebuah komunitas menulis yang saya join di dalamnya. Alasan saya menjawab tantangan itu karena melihat tujuannya baik, yaitu melatih konsistensi menulis dan itu sangat penting bagi seorang penulis.

Saat tantangan ini dimulai, saya sudah tahu konsekuensinya, yaitu harus tetap bisa update tulisan di saat hari raya iedul fitri dan hari-hari di sekitarnya yang pastinya full kesibukan khas lebaran. Secara, saya tetap gak boleh meninggalkan kewajiban mengurus kebutuhan suami dan anak-anak khususnya selama di tempat mudik kan. Tapi saya coba bersikap tenang, yang penting lakukan persiapan yang baik, soal inspirasi tulisan saya yakin ada di manapun dan kapanpun.

Selain packing baju, alat mandi, oleh-oleh dan sebagainya, saya juga mempersiapkan gadget, perangkat untuk tetap bisa ngeblog selama di perjalanan seperti berikut :

1. Smartphone mungil saya merek Samsung G-18262 yang sudah saya isi dulu sebelum mudik dengan full kuota internet. Smartphone ini nanti akan menjadi gadget utama saya menulis di perjalanan.

2. Siapkan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk memudahkan kita ngeblog di perjalanan. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini :

  • Browser, tentu saja browser adalah aplikasi paling penting bagi saya di dalam smartphone untuk keperluan apapun. Hampir seluruh aplikasi bisa diakses melalui browser. 


  • Note Everything (NE) agar bisa membuat draft tulisan tanpa harus khawatir ada kejadian publish sebelum waktunya. Ya kadang saat saya menulis di aplikasi blognya langsung, bisa tak sengaja tersentuh panel publish saat masih asyik menulis di draft. Dengan NE ini saya lebih tenang. Anda bisa mengunduh aplikasi NE ini ataupun aplikasi note lain di android dengan tujuan seperti yang saya sebutkan.

  • Blogger (Blogspot) dan WP (word press) tergantung platform apa yang digunakan. Jika sudah selesai menulis dan melakukan self editing salin dan tempelkan (copy paste) tulisan dari NE ke aplikasi blog ini. Lalu tambahkan gambar yang sudah disiapkan dari gallery foto di gadget anda. Khusus blogspot, biasanya saya edit foto dan edit yang lain dari blogspot yang bukan aplikasi dari android, melainkan dari browser karena tampilan blogger di browser sama dengan tampilannya di laptop sehingga lebih mudah melakukan editing. 


3. Charger sebagai perangkat penting pengisi daya gadget kita. Tanpanya, kegiatan menulis kita akan terhambat.

4. Power Bank, adalah hal penting lain perangkat yang diperlukan agar bisa tetap update tulisan di blog. Power bank ibarat penyambung nyawa gadget kita pabila sudah kehabisan dayanya. Untuk itu pilihlah power bank dengan daya  yang cukup untuk keperluan menulis kita. Saya sendiri menggunakan power bank dengan daya 1200 MaH.

5. Laptop / Notebook sekarang tak lagi menjadi perangkat utama ngeblog di perjalanan tapi saya tetap membawanya. Saat waktu senggang atau kondisi di perjalanan memungkinkan laptop beserta perangkat internetnya tentu saja akan berguna untuk kita cek tampilan akhir postingan kita di blog atau menambah perbaikan (editing) yang terlewat saat ngeblog di smartphone.

Demikian tips ngeblog di perjalanan ala saya. Dan postingan ini saya tulis di perjalanan menuju rumah saudara saya di dalam kota untuk bersilaturahmi.  Upss, dengan catatan di perjalanan itu kita bukan yang jadi pengemudinya ya. Kalau sedang jadi sopir boleh tunda dulu ngeblognya hehehe. Selamat ngeblog :-)



9 comments:

  1. Tips yang keren. Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ratna. Mbak Ratna apa tipsnya juga bisa tetep ngeblog selama Lebaran nih Mak ?

      Delete
  2. Kereennnn... Ada Apps namanya NE toh Mba. Lumayan nih buat nulis di jalan atau sambil nunggu busway hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pake NE mak, lumayan nih bisa bantu buat kegiatan menulis, cocok sambil nunggu busway dateng hehe

      Delete
  3. hp ku henghong ga bisa donlot macem2 :(
    jadi yaa babawa netbuk deh, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi netbuk yang paling aman ya mak Inna.

      Delete
  4. Saya belum pernah ngeblog pakai smartphone
    Itulah sebabnya saya hampir selalu membawa laptop plus modemnya jika traveling ke luar kota.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  5. agak susah ya mba kayaknya ngeblog pake smartphone, saya terbiasa pake laptop atau pc :)
    nice tips mba.....
    Selamat Idul Fitri ya mba, maaf lahir batin

    ReplyDelete
  6. charger laptopku ketinggalan mbak makanya baru bisa bw nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^