Tuesday, July 28, 2015

Cilok Bumbu Kacang Ala Buitenzorg

Cilok bumbu kacang ala Buitenzorg - Demi Giveawaynya pakde Cholik, kali ini saya buatkan resep asli asal Bandung yang merupakan kependekkan dari kata Aci dicolok (tepung tapioka/kanji/aci/ yang dicolok (ditusuk).

Cilok ini di Bandung merupakan jajanan favorit banyak orang karena paduan rasa gurih dan kenyal dari ciloknya serta rasa manis pedas dari bumbu kacangnya
.

Dan kenapa disebut cilok, karena sesuai kepanjangannya cilok ini memang biasa disajikan dengan cara dicolok. Tapi yang saya buat ini tanpa tusukan sate seperti biasanya karena akan disajikan untuk anak-anak di rumah, jadi saya hanya menggunakan garpu saja.

Resepnya sebenarnya nggak beda jauh dengan resep-resep cilok yang ada. Tapi, eksekusi resep setiap orang itu menurutku unik, jadi biarpun resepnya asal Bandung, yang bikin juga orang Bandung, tapi dibuat di Bogor dengan orang-orang yang sudah betah abis di Bogor, jadilah saya namakan cilok saya ini cilok ala Buittenzorg (Buittenzorg adalah istilah kompeni Belanda jaman dulu untuk kota Bogor katanya).

Nah, untuk membuat cilok ala saya ini perlu dipersiapkan hal-hal berikut :

Bahan - bahan :

Bahan Cilok :

  • 250 gr Tepung tapioka/kanji/aci
  • 250 gr Tepung Terigu
  • 5 siung bawang putih cacah halus
  • 3 batang besar irisan daun bawang segar
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Air panas mendidih secukupnya


Bahan bumbu kacang :

  • 250 gr kacang tanah
  • 5 batang cabe merah
  • 10 siung bawang merah
  • 5 - 8 siung bawang putih
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya


Cara Membuat :

Cilok

Didihkan air hingga mendidih kurang lebih sebanyak satu teko kecil. Sementara menunggu air mendidih, masukkan ke dalam wadah plastik bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, irisan daun bawang, bawang putih cacah, garam dan lada.

Jika air sudah mendidih, tuangkan air mendidih itu secukupnya ke dalam campuran adonan tepung tadi. Aduk adonan perlahan menggunakan spatula/ sendok kayu hingga adonan tercampur rata dan kalis (adinan tidak lengket lagi ke dinding wadahnya).

Jika sudah tercampur rata, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil serupa bakso dengan menggunakan tangan atau sendok. Kumpulkan bulatan-bulatan adonan itu sampai adonan habis.

Sementara sedang membentuk adonan, didihkan air di dalam sebuah panci untuk merebus cilok. Dan jika airnya sudah mendidih, masukkan satu persatu bukatan-bulatan adonan cilok itu ke dalamnya.

Jika cilok sudah nampak mengapung di permukaan itu tanda cilok sudah matang dan bisa diangkat lalu tiriskan.

Bumbu Kacang

Goreng kacang tanah hingga cukup matangnya lalu angkat dan tiriskan. Blend kacang yang sudah matang tadi bersama cabe merah, bawang merah, bawang putih, gula, garam dan air matang menggunakan ulekan atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan hand blender.

Jika adonan kacang sudah mixed di dalam ulekan / blender, tumis sebentar di atas api sedang hingga adonan kacang matang lalu angkat.


Penyajian

Sajikan beberapa potongan cilok di atas sebuah wadah cantik lalu siram dengan saus/ bumbu kacang dan beri sedikit perasan jeruk limau.

Nah ini penganan sederhana khas Bandung ala Winny itu Pakde, barangkali Bukde berkenan membuatkannya untuk Pakde dan keluarga, pasti buatan Bukde lebih maknyuss lagi ya Pakde. Selamat mencoba.



Semua bahan seperti tepung kanji, tepung terigu, daun bawang, bawang putih, garam dan lada campur menjadi satu adonan. Diaduk terus di dalam wadah plastik hingga kalis.


Jika sudah tercampur rata adonan bentuk  bulat-bulat sepertu bakso.

Membentuk adonan bisa mengunakan tangan atau dua sendok yang saling membulatkan

Masukkan adonan berbentuk bulat-bulat tadi ke dalam rebusan air yang mendidih hingga adonan ciloke mengapung satu persatu.

Siram cilok dengan bumbu kacang dan perasan jeruk limau. Sajikan hangat-hangat.






17 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam GA Mini: Sepotong Kue Untuk Pakde
    Segera dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali pakde atas kesempatannya

      Delete
  2. Cilok, cemilan ringan lezat bergizi nih Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ni mak apalagi kalo dimakan hangat2 ya :-)

      Delete
    2. wew,bener banget.. skrng rasanya cilok menjadi salah satu pelengkap setelah makan.. hehe ;P

      Delete
    3. cilok oh cilok..jajanan favorit mulai kecil sampai skerng..

      Delete
  3. nanti kalau ketemuanaku dibawain Cilok Bogor yang enak ini ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya semoga dikasi kesempatan itu ya teh Lidya

      Delete
  4. Aku sering banget bikin cilok begini.. Malahan suka dikasih ikan biar sedep. Tapi kenapa gak pernah seenak cilok bandung asli yaaa xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa pake ikan malah tambah enak Pung. Aku kadang-kadang dalemnya ditambahin daging iga. Tapi rempong Puung :)))

      Delete
  5. AKu cinta cilok! yeaay,,, semoga menang

    ReplyDelete
  6. Duh duh... ngiler mak lihat ciloknya... maklum penggemar cilok tp gak pernah bkin sndiri... lihat resep ini jd pingin bkin sndri nih... hihi...

    ReplyDelete
  7. Cilok, cemilan ringan lezat bergizi nih Mak :)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih resepnya, bisa jadi inspirasi para ibu untuk membuatkan camilan bagi putra putrinya di rumah :D

    ReplyDelete
  9. oh jadi kalau bikin bumbu kacang pakai gula merah ya :D pantes kok bumbu kacang saya biasanya kurang istimewa.. hehe

    ReplyDelete
  10. Lumayan nih buat camilan di rumah :D terima kasih sudah sharing resep

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di Goresanku ya ^_^